PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERLAKU SOPAN SANTUN REMAJA PERKOTAAN

CLARINDA PUSPONEGORO, . (0025) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERLAKU SOPAN SANTUN REMAJA PERKOTAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Cover - Daftar Lampiran (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN + DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

Perilaku sopan santun merupakan aspek penting dalam interaksi sosial, terutama di kalangan remaja. Pengaruh globalisasi, budaya digital, serta lingkungan sosial membuat perilaku seperti berbicara kasar atau kurang menghormati orang lain mulai dianggap wajar. Salah satu faktor yang dapat membentuk perilaku sopan santun adalah interaksi teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku sopan santun remaja di wilayah perkotaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 270 Jakarta, dengan sampel sebanyak 199 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Hal uji persamaan regresi Y ̂ = 49,332 + 0,183x, yang berarti setiap satu poin kenaikan interaksi teman sebaya akan menaikan perilaku sopan santun remaja di perkotaan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,086 menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 8,6% terhadap perilaku sopan santun remaja, yang berarti interaksi teman sebaya memiliki pengaruh meskipun tidak dominan terhadap pembentukan perilaku sopan santun pada remaja di wilayah perkotaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku sopan santun. Hubungan sosial yang positif dengan teman sebaya dapat membentuk sikap, norma, serta kontrol diri remaja yang mendukung terbentuknya perilaku sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. ***** Polite behavior is an important aspect in social interaction, especially among teenagers. The influence of globalization, digital culture, and the social environment makes behavior such as speaking rudely or disrespecting others begin to be considered normal. One factor that can shape polite behavior is peer interaction. This study aims to determine the effect of peer interaction on polite behavior in adolescents in urban areas. The research method used in this study is a survey with an associative approach. The population in this study were students in grades VII and VIII at SMP Negeri 270 Jakarta, with a sample of 199 students taken using a proportional random sampling technique. The regression equation test Y ̂ = 49.332 + 0.183x, which means that every one point increase in peer interaction will increase polite behavior in adolescents in urban areas. The coefficient of determination (R²) value of 0.086 indicates that peer interaction contributes 8.6% to polite behavior in adolescents, which means that peer interaction has an influence, although not dominant, on the formation of polite behavior in adolescents in urban areas. The results of this study indicate that peer interactions have a very significant influence on polite behavior and positive social relationships with peers can shape attitudes, norms. Self-control in adolescents that support the formation of polite behavior in everyday life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. ; 2). Elmanora S.Si., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Ilmu Sosial > Komunikasi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Clarinda Pusponegoro .
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:29
Last Modified: 05 Aug 2025 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57797

Actions (login required)

View Item View Item