STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 34 JAKARTA

IZKY KUSUMANINGRUM, . (2025) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan, pengelolaan dan dampak dari strategi Gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya dalam meningkatkan minat baca di SMP Negeri 34 Jakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif dan informan kunci yaitu bapak Edi selaku wakil kepala sekolah dan informan inti para peserta didik kelas 8, hasil penelitian ini di antaranya: (1) latar belakang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dikarenakan melihat dari kondisi peserta didik yang merasa lebih senang diajari oleh teman sebaya, dengan tujuan meningkatkan minat baca serta harapan supaya peserta didik dapat mengamalkan seluruh materi dengan baik dan memudahkan proses diskusi, sekolah dapat menemukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik butuhkan yaitu strategi pembelajaran tipe tutor sebaya. (2) Pengelolaan Gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya ini juga meliputi Planning dengan merancang program dan membentuk tim literasi, Organizing dengan membagi tugas pemantauan dan pembekalan kepada peserta didik, Actuating pengunaan metode untuk tutor sebaya, Controlling dengan melakukan evaluasi terhadap program tutor sebaya. (3) Dampak dari program tutor sebaya ini meliputi indikator yang meningkatkan minat baca adalah kesenangan peserta didik dalam membaca, kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi membaca yang meningkat serta kuantitas sumber bacaan peserta didik yang menjadi lebih beragam. Program ini disarankan untuk dipertahankan dan juga dikembangkan agar gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya dapat terus meningkatkan minat baca peserta didik. ***** This study aims to determine the reasons for the use, management, and impact of the peer tutor school literacy movement strategy in increasing reading interest at SMP Negeri 34 Jakarta. Using a qualitative approach and key informants, namely Mr. Edi as the vice principal and core informants from the 8th grade students, the results of this study include: (1) The background for using the peer tutor cooperative learning strategy stems from observing that students feel more comfortable being taught by their peers, with the aim of increasing reading interest and the hope that students can effectively apply all the material and facilitate discussion processes. The school has identified a learning strategy that aligns with students' needs, namely the peer tutor learning strategy. (2) The management of the peer-tutor type school literacy movement also includes Planning by designing programs and forming literacy teams, Organizing by dividing monitoring and training tasks among students, Actuating the use of methods for peer tutors, and Controlling by evaluating the peer-tutor program. (3) The impact of this peer tutor program includes Indicators that increase reading interest are students' pleasure in reading, awareness of the benefits of reading, increased reading frequency and the quantity of reading sources of students who become more diverse. This program is recommended to be maintained and also developed so that the peer tutor type school literacy movement can continue to increase students' interest in reading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alifa Purwandari, SE., M.Si. ; 2). Dr. Shahibah Yuliani, S.Sos., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Izky Kusumaningrum .
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:16
Last Modified: 05 Aug 2025 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57818

Actions (login required)

View Item View Item