PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF 2D PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMKN 1 DUKUHTURI TEGAL

VIVI AVIDIATI, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF 2D PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMKN 1 DUKUHTURI TEGAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa siswa tidak dapat mencerna materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan baik dikarenakan banyaknya siswa dalam satu kali pertemuan sosialisasi untuk bekal kunjungan industri, kemudian belum adanya media pembelajaran berupa video pembelajaran animasi interaktif 2D di SMKN 1 Dukuhturi Tegal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif 2D pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 1 Dukuhturi Tegal. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model pengembangan Borg and Gall, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Video pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian dari dua ahli materi dengan tingkat kelayakan sebesar 100%, berdasarkan kategori kelayakan menurut Arikunto menunjukkan bahwa materi yang digunakan telah dinyatakan valid. Penilaian oleh dua ahli media juga menghasilkan tingkat kelayakan sebesar 92,6%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak" dalam kategori kelayakan menurut Arikunto. Selain itu, dari 33 responden yang diuji melalui kuesioner, penilaian kelayakan produk mencapai 97,2%, yang juga tergolong “Sangat Layak” dalam kategori kelayakan Arikunto. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran animasi interaktif 2D sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, serta dapat membantu guru dan siswa kelas XII Multimedia SMKN 1 Dukuhturi Tegal dalam kegiatan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). ***** This research is motivated by the problem that students cannot digest the material of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) well due to the large number of students in one socialization meeting for industrial visit provisions, then the absence of learning media in the form of 2D interactive animated learning videos at SMKN 1 Dukuhturi Tegal. To overcome these problems, this study aims to develop 2D interactive learning videos on the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) at SMKN 1 Dukuhturi Tegal. The method used in developing this learning media is the Borg and Gall development model, which has been adjusted to the research needs. The learning video that has been developed received an assessment from two material experts with a feasibility level of 100%, based on the feasibility category according to Arikunto indicating that the material used has been declared valid. The assessment by two media experts also resulted in a feasibility level of 92.6%, which is included in the "Very Feasible" category in the feasibility category according to Arikunto. In addition, of the 33 respondents tested through the questionnaire, the product feasibility assessment reached 97.2%, which is also classified as "Very Feasible" in Arikunto's feasibility category. Thus, it can be concluded that the 2D interactive animation learning video is very suitable for use as a learning medium, and can help teachers and students of class XII Multimedia SMKN 1 Dukuhturi Tegal in the learning activities of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T ; 2). ZE Ferdi Fauzan Putra, S.Pd., M.Pd.T
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 28173 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:43
Last Modified: 05 Aug 2025 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57865

Actions (login required)

View Item View Item