PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, GAYA BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN SISWA DI SMK NEGERI 4 JAKARTA

SHIFA AULIA ZAHRA, . (2025) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, GAYA BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN SISWA DI SMK NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik tidak hanya menjadi tolok ukur pencapaian kurikulum, tetapi juga berperan penting dalam menyiapkan siswa menghadapi dunia kerja Hasil belajar siswa SMK yang belum mencapai standar yang diharapkan mencerminkan adanya faktor-faktor internal yang memengaruhinya secara kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal, gaya belajar, dan self-regulated learning terhadap hasil belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peran self-regulated learning sebagai variabel intervening dalam hubungan antara komunikasi interpersonal dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. Gaya belajar juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, sedangkan regulasi diri berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Namun, pengaruh tidak langsung X1 dan X2 melalui X3 terhadap hasil belajar tidak signifikan, dengan nilai indirect effect masing-masing sebesar 0,007 dan –0,066. ***** Student learning outcomes serve not only as a benchmark for curriculum attainment but also play a crucial role in preparing students to enter the workforce. The suboptimal learning outcomes observed among vocational high school students indicate the presence of complex internal factors influencing their academic performance. This study aims to examine the influence of interpersonal communication skills, learning styles, and self-regulated learning on student learning outcomes. Furthermore, it seeks to analyze the role of self-regulated learning as an intervening variable in the relationship between interpersonal communication and learning styles with learning outcomes.This research employs a quantitative approach using the ex post facto method. The data were analyzed using path analysis to identify both direct and indirect effects among the variables. The findings indicate that interpersonal communication skills have a direct and significant effect on student learning outcomes (p = 0.004). Learning styles also demonstrate a direct and significant effect (p = 0.002), while self-regulated learning has a direct and significant effect as well (p = 0.001). However, the indirect effects of interpersonal communication and learning styles through self-regulated learning on student learning outcomes were not statistically significant, with indirect effect values of 0.007 and –0.066, respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Prof Dr. Suyitno, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Shifa Aulia Zahra .
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:15
Last Modified: 05 Aug 2025 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57873

Actions (login required)

View Item View Item