PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA

NAILA DESRI ANJANI, . (2025) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei kepada 72 responden yang dipilih melalui nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh atau sensus. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai R2 sebesar 58,7%. Secara parsial, keterampilan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, terutama pada indikator membangun keterampilan dasar. Partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler juga berpengaruh signifikan, dengan keterlibatan mental sebagai indikator yang paling dominan. Temuan ini mendukung teori yang menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang memadai dan partisipasi siswa yang konsisten dalam kegiatan ekstrakurikuler mampu membentuk kemampuan siswa memecahkan masalah. Hasil penelitian saat ini dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang terampil. ***** This study aims to determine the effect of critical thinking skills and participation in extracurricular activities on problem solving ability in students at SMK Negeri 40 Jakarta. This study uses a quantitative method with a survey approach to 72 respondents selected through nonprobability sampling with the technique taken, namely saturated sampling or census. Meanwhile, the analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that critical thinking skills and participation in extracurricular activities simultaneously had a significant effect on students' problem solving ability with an R2 value of 58.7%. Partially, critical thinking skills have a significant effect on problem solving ability, especially on the indicator of building basic skills. Participation in extracurricular activities also had a significant effect, with mental engagement as the most dominant indicator. The findings support the theory that adequate critical thinking skills and consistent participation in extracurricular activities can shape students' problem-solving ability. The results of the current study can serve as a reference in improving the quality of skilled school graduates.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Naila Desri Anjani .
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:48
Last Modified: 05 Aug 2025 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57900

Actions (login required)

View Item View Item