HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEORI PEWARNAAN RAMBUT DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PEWARNAAN RAMBUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI 27 JAKARTA

ZEFANYA CHRISTY GUSTANTO, . (2025) HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEORI PEWARNAAN RAMBUT DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PEWARNAAN RAMBUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB I_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
DAFPUS_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN_ZEFANYA CHRISTY G._1516621013-86-110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pewarnaan rambut adalah kompetensi dalam Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK, yang menuntut penguasaan teori dan praktik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan hasil belajar teori Pewarnaan Rambut dengan hasil belajar praktik Pewarnaan Rambut pada siswa kelas XI Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Kecantikan dan SPA tahun ajaran 2024/2025, yang dipilih melalui teknik total sampling, dan berjumlah 69 siswa. Hasil belajar teori, yang didapatkan dari nilai tes teori merupakan variabel independen. Sementara hasil belajar praktik, yang didapatkan dari nilai rubrik penilaian adalah variabel dependen. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan uji regresi linear sederhana, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji linearitas data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan (p-value < 0,001) antara hasil belajar teori Pewarnaan Rambut dan hasil belajar praktik Pewarnaan Rambut, dengan nilai korelasi 0,551 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Ini berarti semakin tinggi hasil belajar teori siswa, semakin baik pula hasil belajar praktik mereka. Terdapat juga pengaruh hasil belajar teori terhadap praktik. Berdasarkan hasil ini, disarankan bagi pihak sekolah dan guru, khusunya SMK Negeri 27 Jakarta untuk terus mengoptimalkan pengajaran materi teori sebagai dasar kuat untuk menunjang peningkatan kualitas praktik siswa. ***** Hair coloring is an competency within the Beauty Care Study Program at Vocational High Schools (SMK), demanding students' mastery of both theoretical knowledge and practical skills. This research aims to analyze the relationship between hair coloring theory learning outcomes and hair coloring practical learning outcomes among 11th-grade students in the Beauty Care Study Program at SMK Negeri 27 Jakarta. This study employed a quantitative associative approach with a correlational method. The research subjects were 69 students from the 11th grade Beauty and Spa program, academic year 2024/2025, selected through a total sampling technique. Hair coloring theory learning outcomes, obtained from theory test scores, served as the independent variable. Meanwhile, hair coloring practical learning outcomes, derived from assessment rubric scores, were the dependent variable. Data were analyzed using Pearson correlation test and simple linear regression analysis, after conducting normality and linearity tests. The research findings indicate a positive and significant relationship (p-value < 0.001) between hair coloring theory learning outcomes and hair coloring practical learning outcomes, with a correlation coefficient of 0.551, categorized as moderate. This suggests that the higher students' theoretical learning outcomes, the better their practical learning outcomes. There is also an influence of theory learning outcomes on practical outcomes. Based on these results, it is recommended that the school, especially SMK Negeri 27 Jakarta, and teachers continuously optimize the teaching of theoretical material as a strong foundation to support the improvement of students' practical quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mari Okatini Armandari, M.K.M. 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, M.Si, Apt.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Zefanya Christy Gustanto .
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:28
Last Modified: 05 Aug 2025 07:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57946

Actions (login required)

View Item View Item