PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ELEMEN PERPAJAKAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA PUSAT

DIVA MAHARANI, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ELEMEN PERPAJAKAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri wilayah Jakarta Pusat. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang tercermin dari banyaknya siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Perpajakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan siswa kelas XI AKL sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, motivasi belajar, dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara parsial, efikasi diri dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang lebih dominan dibandingkan fasilitas belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan aspek psikologis dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi diberikan agar sekolah dan guru lebih memperhatikan pengembangan efikasi diri dan motivasi belajar siswa, serta meningkatkan kualitas fasilitas pembelajaran. ***** This study aims to analyze the influence of self-efficacy, learning motivation, and learning facilities on students’ learning outcomes in the accounting expertise competency at public vocational schools in Central Jakarta. The main problem identified is the low learning outcomes, as reflected in the high number of students who have not achieved the Minimum Mastery Criteria (KKM) in Taxation subjects. This research uses a quantitative approach with a survey method, involving 11th-grade accounting students as respondents. The results show that self-efficacy, learning motivation, and learning facilities simultaneously have a significant effect on students’ learning outcomes. Partially, self-efficacy and learning motivation have a more dominant influence compared to learning facilities. These findings highlight the importance of strengthening psychological aspects and providing adequate facilities to improve student learning outcomes. Recommendations are given for schools and teachers to pay more attention to developing students’ self-efficacy and learning motivation, as well as improving the quality of learning facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ati Sumiati, S.Pd., M.M. ; 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Diva Maharani .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:19
Last Modified: 06 Aug 2025 01:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57952

Actions (login required)

View Item View Item