PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DISTRAKSI BELAJAR PADA SISWA (STUDI DESKRIPTIF KELAS VIII SMPN 67 JAKARTA)

AZIZAH PADMASARI, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DISTRAKSI BELAJAR PADA SISWA (STUDI DESKRIPTIF KELAS VIII SMPN 67 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial sebagai distraksi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 67 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa dan 2 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial menjadi penyebab utama distraksi belajar siswa. Bentuk distraksi meliputi kesulitan fokus, membuka media sosial saat pelajaran berlangsung, menunda tugas, dan penurunan nilai akademik. Platform yang paling sering digunakan adalah TikTok, Instagram, YouTube, dan WhatsApp, dengan durasi penggunaan 2–4 jam per hari. Meskipun media sosial kadang digunakan untuk belajar, konten hiburan tetap lebih dominan dan memengaruhi konsentrasi siswa. Distraksi ini dipengaruhi oleh frekuensi penggunaan, tujuan penggunaan, dan jenis media sosial yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu yang baik serta peran guru dan orang tua dalam mengarahkan penggunaan media sosial secara bijak. Kata Kunci: Media Sosial, Distraksi Belajar, Siswa ***** This study aims to describe the use of social media as a learning distraction in class VIII students of SMPN 67 Jakarta. Research uses a descriptive qualitative approach with observation, interviews, and documentation techniques. The research subject consists of 10 students and 2 teacher. The results showed that social media is the main cause of student learning distraction. The form of distraction includes focus difficulties, opening social media during the lesson, delaying tasks, and impairment of academic values. The most commonly used platforms are Tiktok, Instagram, Youtube, and WhatsApp, with a duration of use of 2-4 hours per day. Although social media is sometimes used for learning, entertainment content remains more dominant and influences student concentration. This distraction is influenced by the frequency of use, the purpose of use, and the type of social media used. Therefore, good time management is needed and the role of teachers and parents in directing the use of social media wisely. Keyword: Social Media, Learning Distraction, Students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Azizah padmasari .
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:24
Last Modified: 05 Aug 2025 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57958

Actions (login required)

View Item View Item