PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN DIGITAL LITERACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA JURUSAN MPLB SMKN 41 JAKARTA

VERINA DHIVA AZZAHRA, . (2025) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN DIGITAL LITERACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA JURUSAN MPLB SMKN 41 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh siswa, umumnya di tingkat sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK). Fenomena ini merujuk pada kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan akademik meskipun siswa menyadari bahwa perilaku tersebut dapat berakibat negatif pada hasil akademik mereka. Salah satu alasan mengapa prokrastinasi akademik sering terjadi adalah adanya ketidakseimbangan dalam pengelolaan waktu dan tugas, yang menyebabkan siswa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang prokrastinasi akademik terhadap siswa jurusan MPLB SMKN 41 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang antara self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik, pengaruh antara digital literacy terhadap prokrastinasi akademik, serta pengaruh self-regulated learning dan digital literacy secara bersama-sama dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh berupa data primer melalui metode pengumpulan data survei dengan teknik sampel jenuh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 106 dengan jumlah 106 sampel karena dalam sampel jenuh seluruh populasi adalah sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang dihitung menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik; (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara digital literacy dengan prokrastinasi akademik; (3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara self-regulated learning dan digital literacy secara bersama-sama terhaap prokrastinasi akademik. ***** Academic procrastination is one of the problems often faced by students, generally at the senior high school and vocational high school levels. This phenomenon refers to the tendency to delay academic work even though students are aware that this behavior can have a negative impact on their academic results. One of the reasons why academic procrastination often occurs is the imbalance in time and task management, which makes it difficult for students to complete their work on time. Therefore, the researcher conducted a study on academic procrastination on students majoring in MPLB SMKN 41 Jakarta. This study aims to determine whether there is a influence between self-regulated learning on academic procrastination, digital literacy on academic procrastination, and self regulated learning and digital literacy together with academic procrastination. This study uses a quantitative research method. The data obtained are primary data through a survey data collection method with a saturated sample technique. The population used in this study was 106 with a total of 106 samples because in a saturated sample the entire population is a sample. The analysis techniques used in this study are the analysis requirements test, the classical assumption test, and the hypothesis test calculated using SPSS 22. The results of the study indicate that: (1) There is a negative and significant influence between self-regulated learning and academic procrastination; (2) There is a negative and significant influence between digital literacy and academic procrastination; (3) There is a negative and significant influence between self-regulated learning and digital literacy together with academic procrastination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si. ; 2). Maulana Amirul Adha S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Verina Dhiva Azzahra .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:51
Last Modified: 06 Aug 2025 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57986

Actions (login required)

View Item View Item