PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JAKARTA

VERIANA, . (2025) PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS SMP Negeri 1 Jakarta pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing masing kelas berjumlah 35 anak pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025 dari bulan April sampai Mei 2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk design penelitian Post-Test Only Control Group Design. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media digital terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jakarta. Adanya perbedaan pada kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dibandingkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Dalam pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh hasil nilai Asymp. Sig 0,004 dengan taraf signifikansi 0,05 yang dimana 0,004 < 0,05, dengan nilai perhitungan effect size berdasarkan perhuitungan Cohen’s r yaitu 0,345, yang menunjukkan bahwa media digital memberikan pengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dapat disimpulkan H0 yang menyatakan tidak adanya pengaruh media digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPS ditolak. Sedangkan H1 yang menyatakan adanya pengaruh media digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPS diterima. Kata Kunci: Media Digital, Berpikir Kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial ***** This study aims to determine the influence of digital media on critical thinking skills of students in social studies learning at SMP Negeri 1 Jakarta in the experimental and control classes, each with 35 students in the even semester of the 2024/2025 academic year from April to May 2025. The research method used in this study was Quasi-Experimental with a quantitative approach and a Post-Test Only Control Group Design. The results of this study indicate that digital media has an influence on critical thinking skills in social studies learning at SMP Negeri 1 Jakarta. The difference in critical thinking skills is seen from the results of the average post-test scores of the experimental class compared to the average post-test scores of the control class. In testing the hypothesis using the Mann Whitney test, the Asymp value was obtained. The significance level is 0.004 with a significance level of 0.05, where 0.004 < 0.05, and the effect size calculated based on Cohen's r is 0.345, indicating that digital media has a moderate effect on students' critical thinking skills. Therefore, it can be concluded that H0, which states there is no effect of digital media on students' critical thinking skills in social studies learning, is rejected. Meanwhile, H1, which states there is an effect of digital media on students' critical thinking skills in social studies learning, is accepted. Keywords: Digital Media, Critical Thinking, Social Sciences

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, S.E., M.Si. ; 2). Nurul Istiqomah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Veriana .
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:57
Last Modified: 05 Aug 2025 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58017

Actions (login required)

View Item View Item