PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION PEMBUATAN HAMBURGER UNTUK IKLAN PADA MATA KULIAH SENI KULINERI

LISA UMMIROTUS SHOLIHAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION PEMBUATAN HAMBURGER UNTUK IKLAN PADA MATA KULIAH SENI KULINERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran video stop motion pembuatan hamburger untuk iklan pada mata kuliah Seni Kulineri bagi mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Tempat penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Media ini dikembangkan dengan metode research and development dengan model penelitian yang digunakan adalah DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Pada tahap decide, dilakukan penetapan tujuan pembelajaran melalui survei menggunakan google formulir, serta menilai kemampuan prasyarat dan sumber daya. Tahap design melibatkan pembuatan perangkat perencanaan media seperti GBIM, Jabaran Materi, storyboard, dan naskah yang divalidasi oleh ahli. Pada tahap develop, media dibuat sesuai panduan pada storyboard menggunakan aplikasi Canva Pro dan Capcut Pro, lengkap dengan animasi, gambar, video, dan teks. Tahap evaluate melibatkan validasi media oleh ahli materi, media, dan bahasa yang dilanjutkan dengan pengujian kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran video stop motion pembuatan hamburger untuk iklan telah melalui proses validasi oleh para ahli, dengan perolehan skor sebesar 100% dari ahli materi, 83% dari ahli media, dan 95% dari ahli bahasa. Uji kelayakan yang dilakukan terhadap mahasiswa menunjukkan bahwa media ini termasuk dalam kategori layak pada uji coba one to one dengan skor 89%, kategori sangat layak pada uji small group dengan skor 92%, dan kategori sangat layak pada uji field test dengan skor 94%. Uji respon pengguna mendapatkan skor 89% dengan kategori sangat kuat yang menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat kebermanfaatan dan ketertarikan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran video stop motion pembuatan hamburger untuk iklan ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. ***** The purpose of this research is to develop and assess the feasibility learning media of a stop-motion video on hamburger preparation for advertising purposes in the Culinary Arts course for Culinary Education students. The place of research was carried out at Jakarta State University. This media was developed using the Research and Development (R&D) method with the research model used is DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). At the Decide stage, learning objectives were determined through a survey using Google Forms, alongside an assessment of prerequisite skills and available resources. The Design stage involved the development of planning components such as the Learning Implementation Guidelines (GBIM), material breakdown, storyboard, and script, all of which were validated by experts. During the Develop stage, the media was produced based on the storyboard using Canva Pro and CapCut Pro, incorporating animations, images, videos, and text. The Evaluate stage consisted of expert validations in the areas of content, media, and language, followed by testing with students. The results showed that the stop-motion video media received validation scores of 100% from the content expert, 83% from the media expert, and 95% from the language expert. Feasibility testing with students indicated that the media was rated as feasible in the one-to-one trial with a score of 89%, and highly feasible in both the small group trial (92%) and the field test (94%). The student response test scored 89% in the very strong category, indicating that this media has a very high level of usefulness and engagement. Therefore, the stop-motion video on hamburger preparation for advertising is considered highly suitable for use in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cucu Cahyana, S.Pd., M.Sc ; 2). Yeni Yulianti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Lisa Ummirotus Sholihah .
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:17
Last Modified: 05 Aug 2025 08:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58078

Actions (login required)

View Item View Item