DHIYA KAMILIA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ChatGPT TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap peningkatan kemampuan analisis siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan desain one group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 44 Jakarta. Sampel sebanyak 36 peserta didik dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essai, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Pada uji hipotesis dilakukan menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor post-test dan pre-test dengan nilai statistik Z sebesar -4,913 dan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian pada penelitian ini ada pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan analisis pada kelas eksperimen di SMP Negeri 44 Jakarta. Kata Kunci: ChatGPT, Kemampuan Analisis, Hasil Belajar, IPS, SMP Negeri 44 Jakarta ***** This thesis aims to determine the effect of using ChatGPT on improving the analytical skills of eighth grade students at SMP Negeri 44 Jakarta. This study employs a quantitative method with a one-group design. The research was conducted in an eighth grade class at SMP Negeri 44 Jakarta. A total sample of 36 students was selected using a simple random sampling technique. The instrument used was an essay test, and the data analysis techniques included descriptive statistical analysis and inferential analysis. The hypothesis testing was carried out using the non-parametric Wilcoxon Signed Ranks Test, which showed a significant difference between the post-test and pre-test scores, with a Z value of -4.913 and a significance level (Asymp. Sig. 2-tailed) of 0.000 (p < 0.05). Thus, this study concludes that the use of ChatGPT has an effect on the analytical skills of students in the experimental class at SMP Negeri 44 Jakarta. Keywords: ChatGPT, Students’ Analytical Skills, Learning Outcomes, Social Studies Subject, SMP Negeri 44 Jakarta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Dhiya Kamilia . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:10 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |