NAFIA RAMADINA, . (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN BENTUK WAJAH DENGAN PEMILIHAN TEKNIK CONTOURING WAJAH YANG TEPAT UNTUK WAJAH SEGI EMPAT PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman mengenai bentuk wajah sangatlah penting untuk dapat menentukan teknik rias wajah yang sesuai, khususnya teknik contouring agar dapat memberikan hasil contour yang lebih proporsional dan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan bentuk wajah dengan pemilihan teknik contouring yang tepat untuk wajah segi empat pada mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrumen pengumpulan data berupa angket pilihan ganda yang terdiri dari 14 butir soal untuk variabel X (Pengetahuan Bentuk Wajah) dan 15 butir soal untuk variabel Y (Pemilihan Teknik Contouring Wajah yang Tepat untuk Wajah Segi Empat). Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 46 mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,732 dengan signifikansi < 0,001, yang berarti terdapat hubungan positif yang kuat antara kedua variabel. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,536 menunjukkan bahwa 53,6% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X. Dengan demikian, semakin tinggi pengetahuan mahasiswa mengenai bentuk wajah, maka semakin tepat pula teknik contouring yang dipilih untuk wajah segi empat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan pembelajaran teknik tata rias berdasarkan karakteristik wajah. *********** Understanding face shapes is essential in determining the appropriate makeup techniques, particularly contouring, to achieve a more proportional and balanced result. This study aims to identify the relationship between knowledge of face shapes and the selection of appropriate contouring techniques for square-shaped faces among students of the Cosmetology Education Program at Universitas Negeri Jakarta. This research employed a quantitative method with a correlational approach. The data collection instrument was a multiple-choice questionnaire consisting of 14 items for variable X (Knowledge of Face Shapes) and 15 items for variable Y (Selection of Appropriate Contouring Techniques for Square-Shaped Faces). The sample was selected using purposive sampling and consisted of 46 students. Data analysis using the Pearson Product Moment correlation test revealed a correlation coefficient of 0.732 with a significance value of < 0.001, indicating a strong positive relationship between the two variables. The coefficient of determination was 0.536, meaning that 53.6% of variable Y is influenced by variable X. Thus, the higher the students’ knowledge of face shapes, the more accurate their selection of contouring techniques for square-shaped faces. This study is expected to serve as a reference for developing makeup education based on facial characteristics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Eti Herawati, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si., Apt., M.Si. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Nafia Ramadina . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |