PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSISTAS MAHASISWA (STUDI KASUS : BRIGHT DORMITORY REGIONAL JAKARTA)

MUHAMAD ADITYA RIZKY, . (2025) PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSISTAS MAHASISWA (STUDI KASUS : BRIGHT DORMITORY REGIONAL JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan asrama serta mendeskripsikan peran pembina asrama terhadap religiusitas mahasiswa Bright Dormitory Regional Jakarta dengan cakupan 5 dimensi religiusitas dari Glock dan Stark yaitu keyakinan, peribadatan atau praktik agama, pengalaman, penghayatan dan pengetahuan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek dari penelitian ini meliputi pembina asrama dari setiap batch dan mahasiswa penghuni asrama dari setiap asrama. Untuk menentukan hasil penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, serta teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran pembina asrama menunjukan hasil peningkatkan dalam membentuk religiusitas mahasiswa. Sebagai pemimpin, pembina memberikan teladan serta menginisiasi berbagai program keagamaan yang berdampak langsung pada dimensi ideologis dan ritualistik mahasiswa, sebagai pengawas, pembina turut memastikan keterlibatan mahasiswa dalam ibadah, menjaga akhlak dan pergaulan, serta menegur secara edukatif jika terdapat pelanggaran yang berdampak langsung pada dimensi konsekuensial, sebagai evaluator, pembina aktif melakukan pembinaan personal dan evaluasi terhadap progres spiritual dan kedisiplinan mahasiswa yang berdampak langsung pada peningkatan dimensi intelektual dan pengalaman beragama, dari hasil tersebut dengan demikian, peran pembina asrama terbukti meningkat pada dengan pola yang beragam sesuai dengan tipologi pembina asrama. ***** This study aims to describe the implementation of dormitory guidance and describe the role of dormitory supervisors on the religiosity of Bright Dormitory Regional Jakarta students with a scope of 5 dimensions of religiosity from Glock and Stark, namely belief, worship or religious practice, experience, appreciation and knowledge of religion. This study uses a qualitative approach to the case study method. The subjects of this study include dormitory supervisors from each batch and student residents of the dormitory from each dormitory. To determine the results of this study, the data collection techniques used were observation, interviews and documentation studies, and the analysis techniques used included data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the role of dormitory supervisors shows increasing results in shaping student religiosity. As a leader, the supervisor provides an example and initiates various religious programs that have a direct impact on the ideological and ritualistic dimensions of students, as a supervisor, the supervisor helps ensure student involvement in worship, maintains morals and social interactions, and provides educational reprimands if there are violations that have a direct impact on the consequential dimension, as an evaluator, the supervisor actively provides personal guidance and evaluation of the spiritual progress and discipline of students that have a direct impact on improving the intellectual dimension and religious experience, from these results, the role of the dormitory supervisor has been proven to increase with various patterns according to the dormitory supervisor typology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., Ph.D. ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Aditya Rizky .
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:21
Last Modified: 14 Aug 2025 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58102

Actions (login required)

View Item View Item