FILA ANDREA, . (2025) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR'AN SISWA DI SMA NEGERI 51 AJAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File Cover.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi Al-Qur’an siswa di kelas X.8 dengan menggunakan metode Pembelajaran Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model McTaggart dan Kurt Lewin yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Data dikumpulkan melalui pembelajaran di dalam kelas yang dilaksanakan selama masa PKM di kelas X.8 SMA Negeri 51 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan literasi Al-Qur’an siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan presentasi literasi Al-Qur’an siswa, yaitu pada siklus I hanya berada di angka 40%, pada siklus II meningkat mencapai angka 68%, dan pada siklus III meningkat pada angka 85%. Penelitian ini memberikan gambaran dan wawasan penting bahwa penggunaan metode pembelajaran yang tepat membuat siswa terlihat lebih bersemangat, antusias dalam mengikuti kegiatan daripada sebelumnya.. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan guru dalam memilih atau menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran jigsaw tidak hanya dapat digunakan dalam pemahaman materi melainkan dapat meningkatkan literasi Al-Qur’an siswa. ***** This study aims to measure the level of Qur'anic literacy of students in class X.8 by using the Jigsaw Learning method. The method used in this research is Classroom Action Research of McTaggart and Kurt Lewin model which is implemented with three cycles. Data was collected through classroom learning conducted during the PKM period in class X.8 SMA Negeri 51 Jakarta. The results showed that learning with the jigsaw learning method can improve students' Qur'anic literacy. This can be seen from the increase in the presentation of students' Qur'anic literacy, which in cycle I was only at 40%, in cycle II it increased to 68%, and in cycle III it increased to 85%. This study provides an important picture and insight that the use of appropriate learning methods makes students look more excited, enthusiastic in participating in activities than before. The results of this study can be used as a reference for teachers in choosing or using the right learning method. Thus, the use of the jigsaw learning method can not only be used in understanding the material but can increase students' Qur'anic literacy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardhiah, M.A. ; 2). Dr. Sa'dullah, M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fila Andrea . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:33 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |