PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 100 JAKARTA

RIZKI ADIYANSAH, . (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 100 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 100 Jakarta pada peserta didik kelas X. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang merasa rendah diri atau kurang percaya diri sehingga dapat mengganggu serta menghambat peningkatan prestasi, keterampilan, atau minat mereka secara akademik maupun non akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan total sampel 140 peserta didik. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 100 Jakarta kelas X dengan jumlah populasi sebanyak 216 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai Nagelkerke R square sebesar 0,343 hal ini membuktikan bahwa, variabel dukungan sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri sebesar 34,3% sementara 65,7% sisanya merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal tersebut juga diperkuat oleh hasil analisis uji Wald yang hasil sebesar 28,246 dengan nilai signifikansi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dukungan sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 100 Jakarta. ***** This study aims to determine the influence of social support on self-confidence of students at SMA Negeri 100 Jakarta in class X students. This study was motivated by the large number of students who feel inferior or lack self-confidence so that it can interfere with and hinder the improvement of their achievements, skills, or interests both academically and non-academically. The method used in this study is a quantitative research method with a sampling technique used is Simple Random Sampling with a total sample of 140 students. The population used in this study were students of SMA Negeri 100 Jakarta class X with a population of 216 students. Based on the results of the study with a simple linear regression test, the R square value of 0.343 proves that the social support variable has an effect on self-confidence of 34,3% while the remaining 65,7% is the contribution of other variables not included in this study. The results of the Wald test showed a value of 28.246 with a significance level of 0.000, indicating that social support has a significant influence on students’ self-confidence at SMA Negeri 100 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Nandi Kurniawan, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Rizki Adiyansah .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:56
Last Modified: 06 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58149

Actions (login required)

View Item View Item