SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PADA PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERIMAN BERTAKWA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA SEKOLAH DASAR

FERDINAND APRINALDI, . (2025) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PADA PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERIMAN BERTAKWA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian kajian literatur sistematis (systematic literature review) bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam mengenai budaya sekolah yang berperan dalam membentuk karakter beriman, bertakwa dan berakhlak mulia siswa sekolah dasar. Permasalahan yang sering dijumpai di lingkungan adanya peserta diidik yang kurang memiliki akhlak mulia, sikap intoleransi dan kenakalan yang terjadi antar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mencari referensi pada publikasi karya ilmiah yang telah ada sebelumnya dengan menggunakan studi systematic literature review. Metode SLR adalah sebuah metodologi penelitian yang bertujuan unutk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi penelitian-penelitian relevan yang ada mengenai topik atau fenomena tertentu. Prosedur dalam penelitian systematic literature review meliputi Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Conduct), dan Pelaporan (Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengolah sumber referensi publikasi jurnal untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah yang telah dibuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam budaya sekolah terdapat peran yang dapat membentuk karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia siswa sekolah dasar. Budaya sekolah meliputi, lingkungan fisik, budaya sosial dan budaya akademis yang berperan penting dalam pembentukan karakter pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia yaitu, akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada alam, akhlak bernegara. ***** This systematic literature review aims to describe and further explore the role of school culture in shaping the character of faith, piety, and noble character in elementary school students. This research is motivated by prevalent issues in the educational environment, such as students lacking noble character, intolerance, and student delinquency. This study employs the Systematic Literature Review (SLR) method, a research methodology aimed at identifying, evaluating, and interpreting all relevant existing research on a particular topic or phenomenon. The SLR procedure includes three stages: Planning, Conducting, and Reporting. Data was collected by analyzing journal publications as reference sources to answer the formulated research questions. The findings of this research indicate that school culture plays a role in shaping the character of faith, piety to God Almighty, and noble character in elementary school students. School culture comprising the physical environment, social culture, and academic culture plays a vital role in the formation of character within the dimension of 'faith, piety to God Almighty, and noble character,' specifically in the elements of religious morals, personal morals, morality towards nature, and civic morals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah., S.Pd., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ferdinand Aprinaldi .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:18
Last Modified: 06 Aug 2025 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58168

Actions (login required)

View Item View Item