EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 44 JAKARTA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 44 Jakarta)

PUTRI ADINDA RARASWATI, . (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 44 JAKARTA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 44 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan Independent sample t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ***** This study aims to determine the effectiveness of the cooperative learning model type STAD on student learning outcomes in Social Studies subject for seventh-grade students at SMP Negeri 44 Jakarta. The research used an experimental method with a Pretest-Posttest Control Group Design. The sample consisted of two classes: the experimental class, which was treated with the STAD cooperative learning model, and the control class, which was taught using conventional methods. Data collection techniques included tests (pretest and posttest), observation, and documentation. The results of data analysis showed a significant improvement in student learning outcomes in the experimental class after the application of the STAD learning model. This was supported by statistical testing using an Independent sample t-test, which indicated a significant difference between the experimental and control classes. Therefore, the cooperative learning model type STAD is effective in improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2) Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Putri Adinda Raraswati .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:14
Last Modified: 06 Aug 2025 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58201

Actions (login required)

View Item View Item