PERBANDINGAN SIKAP KREATIF DIITNJAU MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF DI SMA NEGERI 112 JAKARTA)

SEPTINA DWI PUTRI MAHARANI, . (2025) PERBANDINGAN SIKAP KREATIF DIITNJAU MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF DI SMA NEGERI 112 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi Septina.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB I Septina.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II Septina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Septina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Septina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Septina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Septina.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN dan RIWAYAT HIDUP Septina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap siswa memiliki sikap kreatif yang dapat disesuaikan dengan karakteristik gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sikap kreatif yang ditinjau melalui gaya belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 112 Jakarta sebanyak 288 siswa, dengan sampel sebanyak 74 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket berbasis Google Form dengan skala Likert yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang meliputi uji prasyarat analisis, uji komparatif menggunakan One-Way ANOVA, serta uji lanjutan Post Hoc Tukey HSD. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor tertinggi sikap kreatif ditunjukkan oleh siswa dengan gaya belajar auditori, namun karena jumlahnya yang sangat sedikit tidak memungkinkan untuk digeneralisasikan. Sementara itu, skor yang lebih stabil ditunjukkan oleh siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil uji lanjutan Post Hoc Tukey HSD menunjukkan nilai signifikansi 0,035 < 0,05 antara sikap kreatif siswa dengan gaya belajar kinestetik dan juga visual yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dan gaya belajar visual terhadap sikap kreatif siswa. Dengan demikian, berdasarkan pada penelitian ini terdapat perbedaan signifikan sikap kreatif berdasarkan gaya belajar, khususnya pada gaya belajar kinestetik dan visual. ***** Each student has a creative attitude that can be adapted to the characteristics of different learning styles. This study aims to determine the comparison of creative attitudes viewed through student learning styles in Pancasila Education subjects. This study used a quantitative approach with a comparative research design. The population in this study were all grade XI students at SMA Negeri 112 Jakarta as many as 288 students, with a sample of 74 students obtained using the Slovin formula. Data collection techniques were carried out using a Google Form-based questionnaire with a Likert scale that had gone through validity and reliability tests. This study uses data analysis techniques which include prerequisite analysis tests, comparative tests using One-Way ANOVA, and Post Hoc Tukey HSD follow-up tests. The results of the descriptive analysis show that the highest average score of creative attitude is shown by students with auditory learning style, but because the number is very small, it is not possible to generalize. Meanwhile, more stable scores were shown by students with kinesthetic learning styles. The results of the Post Hoc Tukey HSD further test showed a significance value of 0.035 <0.05 between the creative attitudes of students with kinesthetic and visual learning styles, which means that there is a significant difference between kinesthetic learning styles and visual learning styles on students' creative attitudes. Thus, based on this study there are significant differences in creative attitudes based on learning styles, especially in kinesthetic and visual learning styles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Komarudin, M.Si. ; 2). Dr. Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Septina Dwi Putri Maharani .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:18
Last Modified: 06 Aug 2025 03:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58293

Actions (login required)

View Item View Item