PENGARUH PENGGUNAAN BUKU DILENGKAPI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS

NUR DEVI VANI, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU DILENGKAPI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran buku yang dilengkapi Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi elastisitas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 77 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain eksperimen Nonrandomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Hasil dari penilaian tingkat pemahaman siswa kelas eksperimen berdasarkan uji N-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,68 dengan katergori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent t-test posttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,395, dan ttabel sebesar 1,996. Dengan demikian nilai yang didapat 3,395 > 1,996 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari perlakuan peneliti yaitu penggunaan buku AR terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi elastisitas. This study aims to determine the influence of the use of books equipped with Augmented Reality on senior high school students’critical thinking skills on the elasticity concept. This research was conducted at SMAN 77 Jakarta. The research method used was a quasi-experimental design with the experimental Nonrandomized Control Group, Pretest-Posttest Design. The results of the assessment level of students' understanding of the experimental class based on the N-gain test of 0.77 with a high category while the control class of 0.68 with a medium category.Based on the results of hypothesis testing using the Independent t-test posttest, the value of tcountis 3,395, and ttable is 1,996. Thus the value obtained is 3.395 > 1.996. Then it can be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that there is an influence of the treatment from the researchers, that is the use of AR books on the skill to think critically on the elasticity concept.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si. ; 2). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M.Sc.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 12:20
Last Modified: 15 Apr 2020 16:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item