PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI DI WILAYAH JAKARTA PUSAT

RUBI RAYA RIZQIKA, . (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI DI WILAYAH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMK Negeri di Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa dari tiga sekolah yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Secara parsial, kepercayaan diri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, khususnya pada indikator percaya atas kemampuan sendiri dan memiliki konsep diri yang positif. Sementara itu, kemandirian belajar juga berpengaruh secara signifikan, dengan indikator tidak tergantung terhadap orang lain dan memiliki rasa tanggung jawab menjadi yang paling dominan. Hasil temuan ini mendukung teori yang menyatakan bahwa kepercayaan diri yang kuat serta kemandirian belajar yang baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK. ***** This study aims to determine the influence of self-confidence and learning independence on the critical thinking skills of students at public vocational high schools (SMK Negeri) in Central Jakarta. The research uses a quantitative approach with a survey method. The sample consists of 190 students from three schools selected using proportional stratified random sampling. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results show that self-confidence and learning independence simultaneously have a positive and significant effect on students' critical thinking skills. Partially, self-confidence contributes significantly to critical thinking skills, particularly in the indicators of believing in one’s own abilities and having a positive self-concept. Meanwhile, learning independence also shows a significant influence, with the most dominant indicators being not depending on others and having a strong sense of responsibility. These findings support the theory that strong self-confidence and well-developed learning independence can enhance students’ critical thinking abilities. This study is expected to contribute to the development of more effective learning strategies to improve the quality of vocational school graduates.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.M. ; 2). Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Rubi Raya Rizqika .
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:49
Last Modified: 06 Aug 2025 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58336

Actions (login required)

View Item View Item