UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

DEA GITA TASYA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman nilai kebhinekaan global menjadi bagian dari pendidikan karakter yang penting untuk diberikan sejak jenjang sekolah dasar, karena pada masa ini siswa mulai membentuk pemahaman sosial dan sikap terhadap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi kebhinekaan global melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebon Manggis 01 dengan 30 siswa sebagai subjek. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas model Kurt Lewin dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kebhinekaan global peserta didik aspek afektif, kognitif dan psikomotorik pada siklus II mengalami peningkatan signifikan dari 65% menjadi 90% (afektif), 71% menjadi 87% (kognitif) dan 61% menjadi 84% (psikomotorik). Peningkatan juga tampak dari keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan bermain peran yang semakin baik dari siklus ke siklus. Siswa menjadi lebih mampu menghargai keberagaman budaya, suku, dan agama, serta menunjukkan sikap toleransi dalam interaksi sosial. Kesimpulannya, metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pemahaman kebhinekaan global sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. ***** The instillation of global diversity values is an important part of character education that should be imparted from the elementary school level, as this is when students begin to form their social understanding and attitudes toward differences. This study aims to improve learning outcomes in Pancasila education Pancasila education on global diversity through role-playing methods among fourth-grade elementary school students. The study was conducted at SDN Kebon Manggis 01 with 30 students as subjects. This research used Kurt Lewin's classroom action research approach in two cycles. Data was collected through observation, interviews, documentation, and tests, then analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed an increase in students' learning outcomes in the affective, cognitive, and psychomotor aspects of global diversity in cycle II, with a significant increase from 65% to 90% (affective), 71% to 87% (cognitive), and 61% to 84% (psychomotor). Improvement was also evident in students' active engagement in role-playing activities, which improved from cycle to cycle. Students became more capable of appreciating cultural, ethnic, and religious diversity, and demonstrated tolerant attitudes in social interactions. In conclusion, the role-playing method is effective in enhancing understanding of global diversity as part of character education for students and encouraging active student engagement in enjoyable and meaningful learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dea Gita Tasya .
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:55
Last Modified: 06 Aug 2025 07:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58408

Actions (login required)

View Item View Item