PENGARUH PERSEPSI HIGIENE SANITASI MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI AREA HOTEL X JAKARTA

ARDILA RISDI, . (2025) PENGARUH PERSEPSI HIGIENE SANITASI MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI AREA HOTEL X JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persepsi higiene sanitasi makanan merupakan faktor yang membentuk keputusan pembelian pada karyawan. Persepsi ini dapat berkembang seiring bertambahnya pemahaman tentang pentingnya menjaga kualitas makanan yang dapat dilihat dari kebersihan makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi higiene sanitasi makanan terhadap keputusan pembelian pada pedagang kaki lima (PKL) di area hotel x Jakarta. Metode dari penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Jembatan Merah, Jakarta Selatan, dengan total populasi tidak diketahui dan sampel sebanyak 100 karyawan hotel. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji korelasi, uji persamaan regresi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi higiene sanitasi makanan dan keputusan pembelian di PKL dengan koefisien korelasinya sebesar 0,333 dan nilai signifikasi p = 0,001 sedangkan regresi linier sederhana mengindikasikan bahwa setiap peningkatan satu satuan persepsi higiene sanitasi makanan menaikkan keputuan pembelian sebesar 0,316 (Y=11,776+0,316X, F=12,240, p=0,000<0,05). Uji signifikasi regresi p=0,001<0,05 menunjukkan bahwa persepsi higiene sanitasi makanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan tersebut. Uji koefisien determinasi menjelaskan variabel persepsi higiene sanitasi makanan 11,1% (R²=0,111) mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan persepsi higiene sanitasi makanan berpengaruh dalam mendukung keputusan pembelian di lingkungan karyawan. ***** Perception of food hygiene and sanitation is a factor that shapes purchasing decisions among employees. This perception can develop along with increasing understanding of the importance of maintaining food quality that can be seen from food hygiene. The purpose of this study was to determine the effect of perception of food hygiene and sanitation on purchasing decisions among street vendors (PKL) in the area of Hotel X, Jakarta. The method of this study used an associative quantitative method. This study was conducted on Jalan Jembatan Merah, South Jakarta, with an unknown total population and a sample of 100 hotel employees. Statistical analysis used to test the hypothesis was a correlation test, a regression equation test, and a coefficient of determination test. The results of this study indicate that there is a significant relationship between perception of food hygiene and purchasing decisions among street vendors with a correlation coefficient of 0.333 and a significance value of p = 0.001 while simple linear regression indicates that every one unit increase in perception of food hygiene and sanitation increases purchasing decisions by 0.316 (Y = 11.776 + 0.316X, F = 12.240, p = 0.001 < 0.05). The regression significance test with a value of p=0.001<0.05 indicates that perceptions of food hygiene and sanitation significantly influence purchasing decisions. The coefficient of determination test explains that perceptions of food hygiene and sanitation influence purchasing decisions by 11.1% (R²=0.111). This indicates that perceptions of food hygiene and sanitation influence purchasing decisions among employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prastiti Laras Nugraheni, M.Si. ; 2). Reno Irwanto, S.TP, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Ardila Risdi .
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:08
Last Modified: 06 Aug 2025 09:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58425

Actions (login required)

View Item View Item