INDAH RARASATI, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh media pembelajaran padlet terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jakarta pada semester genap bulan April sampai dengan Mei 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII-D yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen hasil belajar berupa tes hasil belajar IPS sebanyak 28 butir soal dalam bentuk pilihan ganda, dengan empat alternatif jawaban. Uji validitas dengan rumus korelasi point biserial hasilnya menunjukkan 28 soal valid dan 7 soal tidak digunakan. Uji reliabilitas dengan rumus K-R. 20 diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,947 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. sebesar 0,133 dan pada kelas kontrol sebesar 0,200, karena kedua nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,133 > 0,05 dan 0,200 > 0,05), maka data berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan uji Fisher dan diperoleh Fhitung (1,343) < Ftabel (1,804) maka varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t menghasilkan thitung (3,34) > ttabel (1,669) pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran padlet terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jakarta. *********** This research aims to obtain data on the effect of Padlet learning media on the social studies learning outcomes of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Jakarta. The study was conducted at SMP Negeri 1 Jakarta during the even semester, from April to May 2025. The research method used was a quantitative approach with a Posttest Only Control Group Design. The population consisted of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Jakarta. The sampling technique used was cluster random sampling. The sample consisted of two classes: Class VIII-C, with 36 students as the experimental group, and Class VIII-D, with 36 students as the control group. The research instrument used was a social studies learning outcome test consisting of 28 multiple-choice questions with four answer options. Validity testing using the point biserial correlation formula showed that 28 items were valid, and 7 items were excluded. The reliability test using the Kuder-Richardson formula (KR-20) resulted in a reliability coefficient of 0.947, indicating that the instrument was reliable. The normality test using the Kolmogorov-Smirnov formula showed a significance value of 0.133 for the experimental group and 0.200 for the control group. Since both values are greater than 0.05 (0.133 > 0.05 and 0.200 > 0.05), the data were normally distributed. The homogeneity test using Fisher's test yielded an Fcount of 1.343, which was less than the Ftable value of 1.804, indicating that the variances were homogeneous. The hypothesis was tested using the t-test formula, resulting in a tcount of 3.34, which was greater than the ttable value of 1.669 at a 95% confidence level (α = 0.05). Therefore, H₀ was rejected, and H₁ was accepted. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of Padlet learning media has a significant effect on the social studies learning outcomes of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Indah Rarasati . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |