DYAN FAHIRA, . (2025) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (903kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self efficacy terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa kependidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi kependidikan yang berjumlah 441 orang. Teknik pengumpulan subjek menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 210 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar (Sig. 0.000). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. < 0.05, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menjadi guru. Semakin tinggi tingkat keyakinan diri mahasiswa terhadap kemampuan dirinya, semakin tinggi pula minatnya untuk berprofesi sebagai pendidik. Berdasarkan hasil koefisien determinasi didapatkan R Square sebesar 0.443. Hal ini membuktikan bahwa variabel Self efficacy berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 44.3% dan berada pada kategori sedang. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan program pembinaan profesionalisme calon guru, serta memberikan kontribusi dalam penguatan aspek psikologis mahasiswa dalam merencanakan karier di bidang pendidikan. ***** This research aims to determine the effect of Self efficacy on the interest in becoming a teacher in education students at the Faculty of Social Sciences and Law, Jakarta State University. This study is a quantitative study. The data collection technique used is a questionnaire using a questionnaire as a research instrument. The population in this study were 441 students of the education study program. The subject collection technique used purposive sampling with a sample size of 210 people. Based on the results of the study, it can be concluded that the results of the hypothesis testing obtained a significance value of (Sig. 0.000). Therefore, it can be concluded that the Sig. <0.05, then the results of the study indicate that Self efficacy has a significant influence on the interest in becoming a teacher. The higher the level of student self-confidence in their abilities, the higher their interest in working as educators. Based on the results of the determination coefficient, the R Square was obtained at 0.443. This proves that the Self efficacy variable has an effect on the interest in becoming a teacher by 44.3% and is in the moderate category. These findings are expected to be the basis for developing professional development programs for prospective teachers, as well as contributing to strengthening the psychological aspects of students in planning a career in education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Dyan Fahira . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |