PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP BEBAN KOGNITIF SISWA PADA TOPIK LAJU REAKSI

NUKE AMELIA FIRDASARI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP BEBAN KOGNITIF SISWA PADA TOPIK LAJU REAKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Virtual reality Laboratory terhadap beban kognitif siswa pada topik laju reaksi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 di MA Negeri Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain quasi experimental tipe pre-test post-test non-equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen yang dilakukan pembelajaran dengan VR dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan VR. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 74 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan jumlah 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kelas eskperimen (15,54) lebih rendah dibandingkan kelas kontrol (17,14). Selain itu, ukuran efek pada kelas eksperimen menunjukkan efek sedang (d=0,391) yang menunjukkan bahwa VR berpengaruh dalam menurunkan beban kognitif siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Virtual reality Laboratory berpengaruh positif dalam menurunkan beban kognitif siswa pada topik laju reaksi.***** This study aims to determine the effect of Virtual reality Laboratory on students' cognitive load on the topic of reaction rate. The research was conducted in the even semester of the 2024/2025 academic year at MA Negeri Tangerang. This study uses quantitative methods with the type of experimental research quasi experimental design type pre-test post-test non-equivalent control group. Sampling was carried out using purposive sampling technique with class XI-5 as an experimental class conducted learning with VR and class XI-6 as a control class that did not use VR. The number of samples in this study were 74 students. The instrument used was a questionnaire with a total of 15 statements. The results showed that the average post-test score of the experimental class (15.54) was lower than the control class (17.14). In addition, the effect size in the experimental class showed a moderate effect (d = 0.391) which indicates that VR is meaningful in reducing students' cognitive load. Thus, it can be concluded that Virtual reality Laboratory has a positive effect in reducing students' cognitive load on the topic of reaction rate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irwanto, M.Pd. 2). Rika Siti Syaadah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nuke Amelia Firdasari .
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:48
Last Modified: 07 Aug 2025 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58449

Actions (login required)

View Item View Item