PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 213 JAKARTA

PUTRI NUR HASANAH, . (2025) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 213 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran IPS terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 213 Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru yang kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah terbukti valid dan reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam pembelajaran IPS terhadap keaktifan belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi kreativitas guru, maka semakin tinggi tingkat keaktifan belajar siswa. Selain itu, kreativitas guru memberikan kontribusi sebesar 40,35% terhadap keaktifan belajar siswa, yang tergolong dalam kategori sedang pengaruh sedang.Kata kunci: kreativitas guru, pembelajaran IPS, keaktifan belajar siswa ***** This study aims to determine the influence of teacher creativity in social studies (IPS) learning on the learning activeness of seventh-grade students at SMP Negeri 213 Jakarta. The background of this research is based on the importance of creative teachers in creating an engaging learning environment that motivates students to actively participate in the learning process. The research employed a quantitative ex post facto method. The sample consisted of 165 students selected using a simple random sampling technique. Data were collected through a questionnaire that had been proven valid and reliable.activenes The analysis results showed a positive and significant relationship between teacher creativity in social studies instruction and students' learning activeness, as indicated by a significance value of 0.00 < 0.05. This indicates that the higher the teacher’s creativity, the higher the level of student engagement in activene learning. Furthermore, teacher creativity contributed 40.35% to students' learning activeness, which falls into the category of moderate influence. Keywords: teacher creativity, social studies learning, student learning activeness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si 2).Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Putri Nur Hasanah .
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:17
Last Modified: 07 Aug 2025 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58520

Actions (login required)

View Item View Item