PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 76 JAKARTA

LIDYA RAHMAWATI, . (2025) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 76 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 76 Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 76 Jakarta 2.) Untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 76 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari informan kunci Kepala Sekolah, informan inti Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru IPS, serta empat peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 76 Jakarta dilaksanakan melalui tahap perencanaan, meliputi pelatihan guru, workshop, MGMP, asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif, serta pembuatan modul ajar. Tahap pelaksanaan mencakup diferensiasi konten, proses, dan produk. Tahap evaluasi melalui supervisi dan asesmen formatif berkelanjutan. 2.) Hambatan dalam pembelajaran berdiferensiasi meliputi keterbatasan waktu, beban administrasi guru, dan kurangnya keterampilan guru. ****** This study was conducted to determine Differentiated Learning in Social Studies Subjects at SMP Negeri 76 Jakarta. The objectives of this study are 1.) To determine how differentiated learning in Social Studies subjects is implemented at SMP Negeri 76 Jakarta. 2.) To determine what are the obstacles in differentiated learning in Social Studies subjects at SMP Negeri 76 Jakarta. This research uses qualitative research methods. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The subjects of this study consisted of key informants Principal, key informants Vice Principal for Curriculum and Social Studies Teachers, and four students. The results of this study indicate that: 1.) Differentiated learning at SMP Negeri 76 Jakarta is implemented through the planning stage, including teacher training, workshops, MGMP, cognitive and non-cognitive diagnostic assessments, and the creation of teaching modules. The implementation stage includes differentiation of content, process, and product. The evaluation stage is through supervision and continuous formative assessment. 2.) Obstacles in differentiated learning include time constraints, teacher administrative burdens, and lack of teacher skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Lidya Rahmawati .
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:24
Last Modified: 07 Aug 2025 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58569

Actions (login required)

View Item View Item