SYIFA AULIA, . (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 14. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation di kelas IV Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Menteng Atas 14 sebanyak 23 siwa. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahap yaitu, tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting). Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV. Pada siklus I perolehan skor tes kemampuan berpikir kritis sebesar 56,5%. Lalu, pada siklus II dengan perolehan skor tes kemampuan berpikir kritis sebesar 91%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus I hingga siklus II. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investiagtion dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN Menteng Atas 14. ***** This research aims to improve students' critical thinking skills in learning Pancasila Education through the application of the Group Investigation learning model in grade IV elementary school. The sample in this research were grade IV students of SDN Menteng Atas 14 as many as 23 students. the type of method used in this research is Classroom Action Research (PTK) model Kemmis and Mc. Taggart model which consists of four stages, namely, planning, action, observing, and reflecting. The data collection techniques used were observation, interviews, and tests. The results of the research by applying the Group Investigation learning model can improve the critical thinking skills of grade IV students. In cycle I the acquisition of critical thinking skills test scores amounted to 56.5%. Then, in cycle II with the acquisition of critical thinking skills test score of 91%. This shows an increase in critical thinking skills from cycle I to cycle II. Therefore, it can be concluded that learning by using the Group Investiagtion model can improve the critical thinking skills of students in learning Pancasila Education in class IV SDN Menteng Atas 14.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Syifa Aulia . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:05 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |