PENGARUH ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS, GREEN LIFESTYLE, INFLUENCER CREDIBILITY, DAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SLOW FASHION DI APLIKASI TIKTOK PADA GENERASI Z

FAJAR ASHSIDIK, . (2025) PENGARUH ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS, GREEN LIFESTYLE, INFLUENCER CREDIBILITY, DAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SLOW FASHION DI APLIKASI TIKTOK PADA GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan, gaya hidup hijau, kredibilitas influencer, dan keterlibatan media sosial terhadap minat beli produk slow fashion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Pengumpulan data pada penelitian ini lakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 218 orang. Responden-responden tersebut merupakan Generasi Z yang berusia 17-28 tahun di wilayah Jabodetabek, pengguna media sosial Tiktok, dan dalam enam bulan terakhir pernah melihat konten slow fashion. Analisis data secara inferensial pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji kesesuaian model, dan uji hipotesis dengan software AMOS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan dan keterlibatan media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk slow fashion. Sementara itu gaya hidup hijau dan kredibilitas influencer tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk slow fashion. Kemudian kesadaran lingkungan dan keterlibatan media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap gaya hidup hijau serta kredibilitas influencer memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keterlibatan media sosial. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis dalam pengembangan kajian perilaku konsumen khususnya dalam memahami bagaimana faktor internal (persepsi melalui kesadaran lingkungan dan gaya hidup melalui gaya hidup hijau) dan eksternal (kelompok referensi melalui kredibilitas influencer dan peran sosial melalui keterlibatan media sosial) memengaruhi minat beli. Penelitian ini juga memperkaya pendekatan teoritis dengan menggabungkan perspektif psikologis dan sosiologis dalam perilaku konsumen yang modern. Serta memberikan implikasi praktis yang dapat diterapkan sebagai sebuah strategi oleh usaha ataupun brand slow fashion khususnya dalam menjangkau Generasi Z sebagai target pasar. Kata Kunci : Kesadaran Lingkungan, Gaya Hidup Hijau, Kredibilitas Influencer, Keterlibatan Media Sosial, Minat Beli, Slow Fashion, Generasi Z. **** This study aims to examine the influence of environmental consciousness, green lifestyle, influencer credibility, and social media engagement on the purchase intention of slow fashion products. The research uses a quantitative approach with a causal research design. Data were collected through a questionnaire, with a total of 218 respondents. These respondents are members of Generation Z, aged 17–28 years, living in the Jabodetabek area, active TikTok users, and have seen slow fashion content within the last six months. Inferential data analysis was carried out using Structural Equation Modeling (SEM), which includes validity testing, reliability testing, model fit testing, and hypothesis testing using AMOS version 26. The results show that environmental consciousness and social media engagement have a positive and significant influence on the purchase intention of slow fashion products. Meanwhile, green lifestyle and influencer credibility do not have a positive and significant influence on purchase intention of slow fashion products. Furthermore, environmental consciousness and social media engagement positively and significantly influence green lifestyle, while influencer credibility has a positive and significant effect on social media engagement. This study provides theoretical implications for the development of consumer behavior research, particularly in understanding how internal factors (perceptions through environmental consciousness and lifestyle through green lifestyle) and external factors (reference groups through influencer credibility and social roles through social media engagement) influence purchase intention. It also enriches theoretical approaches by combining psychological and sociological perspectives in modern consumer behavior. In addition, the study offers practical implications that can be used as strategies by slow fashion businesses or brands, especially in targeting Generation Z as their main market. Keywords : Environmental Consciousness, Green Lifestyle, Influencer Credibility, Social Media Engagement, Purchase Intention, Slow Fashion, Generation Z.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Setyo Ferry Wibowo S.E., M.Si. ; 2). Andi Muhammad Sadat S.E., M.Si., Ph.D.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Fajar Ashsidik .
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:37
Last Modified: 07 Aug 2025 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58648

Actions (login required)

View Item View Item