AMANDA ANASTY, . (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MEDIASI EFIKASI DIRI SISWA PADA SISWA SMKN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. Cover_Amanda Anasty_1709621059.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Bab I_Amanda Anasty_1709621059.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
4. Bab II_Amanda Anasty_1709621059.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. Bab III_Amanda Anasty_1709621059.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. Bab IV_Amanda Anasty_1709621059.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. Bab V_Amanda Anasty_1709621059.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. Daftar Pustaka_Amanda Anasty_1709621059.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
9. Lampiran_Amanda Anasty_1709621059.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Adanya tuntutan pada abad 21 dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam pendidikan. Pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk tidak hanya menguasai pengetahuan dasar, tapi juga memiliki kompetensi belajar secara mandiri, berpikir kritis, dan melek teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi literasi digital terhadap kemandirian belajar melalui efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner menggunakan Google Formulir. Penelitian ini melibatkan 245 siswa sebagai sampel, dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data SEM-PLS dengan menggunakan analisis model pengukuran (outer model), analisis model struktural (inner model), dan pengujian hipotesis secara langsung dan tidak langsung. Hasil analisis penelitian menunjukkan beberapa temuan signifikan. (1) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan antara literasi digital terhadap kemandirian belajar. (2) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan antara literasi digital terhadap efikasi diri. (3) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan antara literasi digital terhadap kemandirian belajar melalui efikasi diri. ***** There are demands in the 21st century in the use of information and communication technology in everyday life, one of which is in education. Education today requires students to not only master basic knowledge, but also have the competence to learn independently, think critically, and be technologically literate. This study aims to determine the contribution of digital literacy to learning independence through self-efficacy. This study uses quantitative methods with primary data collected through questionnaires using Google Forms. This study involved 245 students as samples, selected using proportionate stratified random sampling technique. This study used SEM-PLS data analysis using measurement model analysis (outer model), structural model analysis (inner model), and direct and indirect hypothesis testing. The results of the research analysis showed several significant findings. (1) There is a positive and significant direct influence between digital literacy on learning independence. (2) There is a positive and significant direct influence between digital literacy on self-efficacy. (3) There is a positive and significant direct influence between self-efficacy on learning independence. (4) There is a positive and significant indirect influence between digital literacy on learning independence through self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Amanda Anasty . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:33 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |