ANALISIS KENDALA INTEGRASI KURIKULUM KEBENCANAAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SURABAYA

NOVIA PUTRI RAMADHITA, . (2025) ANALISIS KENDALA INTEGRASI KURIKULUM KEBENCANAAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SURABAYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Novia Putri Ramadhita. 1402823004. Analisis Kendala Integrasi Kurikulum Kebencanaan Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Surabaya. Tesis. Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala integrasi kurikulum kebencanaan pada sekolah menengah pertama di Kota Surabaya menggunakan interpretative structural modelling. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya, Jawa Timur dan waktu penelitian dilakukan pada Januari–Juni 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan interpretative structural modelling (ISM). Hasil penelitian menunjukan terdapat 10 elemen yang menjadi faktor kendala integrasi kurikulum kebencanaan pada sekolah menengah pertama di Kota Surabaya yaitu Regulasi dan Kebijakan, Pengetahuan guru tentang kebencanaan, Panduan dan bahan ajar, Kemauan dan kemampuan guru berinovasi, Koordinasi dengan pihak eksternal dan internal, Pendanaan, Fasilitas dan sarana prasarana, Partisipasi siswa, Pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi guru dan Media pembelajaran untuk mengajarkan pendidikan kebencanaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan stuktur hierarki dengan metode ISM, kendala integrasi kurikulum kebencanaan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Surabaya dapat diselesaikan secara bertahap sesuai dengan level dalam hierarkinya. Berdasarkan hasil strukturisasi dari seluruh stakeholder, kendala utama yang menjadi dasar persoalan terletak pada Level 8, yaitu Regulasi dan Kebijakan (E1). Perbaikan pada regulasi ini akan mendorong peningkatan pada Level 7, yaitu Koordinasi antar pihak internal dan eksternal (E5). Namun, koordinasi yang baik tidak akan terjadi tanpa dukungan dari Level 6, yaitu Pendanaan (E6). Ketiga elemen dasar ini (regulasi, koordinasi, dan pendanaan) menjadi penopang bagi Level 6, yang terdiri atas Pelatihan Guru (E9), serta Fasilitas dan Sarana Prasarana (E7). Perbaikan pada elemen akan mendorong adanya Panduan dan bahan ajar (E3) pada Level 5. Perbaikan pada Level 5 akan memengaruhi Level 4, yaitu Pengetahuan Guru tentang Kebencanaan (E2). Selanjutnya, pengetahuan ini akan mendorong Level 3, yakni Kemauan dan Kemampuan Guru untuk Berinovasi (E4). Kemampuan inovatif ini akan berkontribusi langsung pada Level 2, yaitu Tersedianya Media Pembelajaran (E10). Terakhir, seluruh proses ini akan berdampak pada Level 1, yaitu Partisipasi Siswa (E8). Kata Kunci: Integrasi, ISM, Kebencanaan, Kurikulum, Pendidikan, Sekolah, Surabaya ***** ABSTRACT Novia Putri Ramadhita. 1402823004. an Analysis of Constraints in the Integration of Disaster Education into the Junior High School Curriculum in Surabaya . Thesis. Jakarta: Graduate Program in Geography Education, Faculty of Social Sciences and Law, Universitas Negeri Jakarta. 2025. This study aims to analyze the obstacles to integrating disaster education into the junior high school curriculum in Surabaya using the Interpretative Structural Modeling (ISM) approach. The research was conducted in Surabaya, East Java, from January to June 2025. A descriptive qualitative method was employed, and both primary and secondary data were collected. The data were analyzed using the ISM technique. The results of the study showed that there were 10 elements that were factors hindering the integration of the disaster curriculum in junior high schools in Surabaya City, namely Regulations and Policies, Teacher knowledge about disasters, Guidelines and teaching materials, Teachers' willingness and ability to innovate, Coordination with external and internal parties, Funding, Facilities and infrastructure, Student participation, Training and skills development for teachers and Learning media for teaching disaster education. The results show that the integration of disaster education in junior high schools in Surabaya can be addressed gradually based on a hierarchical structure. According to the structuring results from all stakeholders, the main obstacle lies at Level 8, namely regulation and policy (E1). Improvements in this area will support Level 7, which involves coordination between internal and external parties (E5). However, effective coordination cannot be achieved without support from Level 6, which is funding (E6). These three core elements form the foundation for Level 6 components, namely teacher training (E9) and facilities and infrastructure (E7). Enhancements at this level will support the development of teaching guidelines and materials (E3) at Level 5. This, in turn, will influence Level 4, which is teachers’ knowledge of disaster issues (E2). Such knowledge will drive Level 3, which is teachers’ willingness and ability to innovate (E4), contributing to the availability of learning media (E10) at Level 2. Ultimately, all of these stages will impact Level 1, which is student participation (E8). Keywords: Integration, ISM, Disaster, Curriculum, Education, School, Surabaya.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof.Dr.Muzani J,Dipl Geo, M.Si. 2) Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: NOVIA PUTRI RAMADHITA .
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:39
Last Modified: 07 Aug 2025 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58664

Actions (login required)

View Item View Item