PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 JAKARTA

ELLENA EVELYN, . (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Jakarta dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII-B yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM memberikan dampak positif terhadap peningkatan nilai hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Pada siklus pertama, persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 77,77% dengan nilai rata-rata 90,69 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91,66% dengan rata-rata 94,02. Keaktifan peserta didik juga menunjukkan perkembangan dari aspek bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat, serta kerja sama. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VII. Kata Kunci: STEM, pendekatan pembelajaran, hasil belajar IPS ***** ABSTRACT This study aims to examine the effectiveness of the implementation of the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach in improving student learning outcomes in Social Sciences (IPS) subjects. The research was conducted at SMP Negeri 3 Jakarta with research subjects, namely 36 class VII-B students, consisting of 18 males and 18 females. The research method used is Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis and McTaggart model which is carried out in two cycles. Each cycle consists of stages of planning, implementation of actions, observation, and reflection. The results of the study indicate that the implementation of the STEM approach has a positive impact on increasing the value of learning outcomes and student activity. In the first cycle, the percentage of student learning completion was 77.77% with an average value of 90.69 and in the second cycle it increased to 91.66% with an average of 94.02. Student activity also showed developments in the aspects of asking, answering, expressing opinions, and cooperation. These findings indicate that learning with the STEM approach is effective in improving the quality of social studies learning in grade VII. Keywords: STEM, learning approach, social studies learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Ellena Evelyn .
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:40
Last Modified: 07 Aug 2025 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58695

Actions (login required)

View Item View Item