PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI DI JAKARTA BARAT

CICIH NONIA, . (2025) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI DI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran Disertai Compress.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi terjangkau berjumlah 180 siswa dari 2 sekolah yaitu SMK Negeri 13 Jakarta Barat dan SMK Negeri 17 Jakarta Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 119 responden dengan teknik proportional random sampling dan rumus Isaac and Michael. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu persamaan regresi berganda, uji persyaratan data analisis (uji normalitas dan uji linearitas), uji hipotesis (uji T dan uji F) dan koefisien determinasi. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov pada ketiga variabel bernilai 0,200. Dengan hasil uji linearitas pada kreativitas belajar, kemandirian belajar dan kecerdasan emosional bernilai >0,001. Uji F bernilai 628,116 dan uji T pada variabel kreativitas belajar bernilai 23,468, variabel kemandirian belajar bernilai 30,986 dan variabel kecerdasan emosional bernilai 23,787. Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = 0,081 + 0,288(X1) + 0,395(X2) + 0,299 (X3). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar, kemandirian belajar, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, hal ini buktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,942, yang mengartikan bahwa 94,2% variabel hasil belajar berhubungan secara simultan dapat dijelaskan oleh kreativitas belajar, kemandirian belajar dan kecerdasan emosional sedangkan sisanya sebesar 5,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh Peneliti. Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar ***** This study aims to determine the effect of Learning Creativity, Learning Independence, and Emotional Intelligence on Learning Outcomes of Basic Accounting Subjects on Grade X Students of State Vocational High School in West Jakarta. This study used a survey method with a quantitative approach. With an affordable population of 180 students from two schools, namely SMK Negeri 13 Jakarta Barat and SMK Negeri 17 Jakarta Barat. The sample in this study was 119 respondents with proportional random sampling technique and the Isaac and Michael formula. The data collection method in this study used a questionnaire method. This study uses data analysis techniques, namely multiple regression equations, data analysis requirements tests (test for normality and linearity), hypothesis tests (T test and F test) and coefficients of determination. Normality test with Kolmogorov Smirnov on both variables has a value of 0.200. With the results of the linearity test on Learning Creativity, Learning Independence and Emotional Intelligence worth >0.001. The F test is worth 628.116 and the T test on the variable of learning creativity is worth 23.468, learning independence variable is worth 30.986 and the emotional intelligence variable is worth 23.787. The result of the multiple regression equation is Y = 0,081 + 0,288(X1) + 0,395(X2) + 0,299 (X3). The results of this study indicate a significant influence between learning creativity, learning independence, and emotional intelligence on learning outcomes, this is proven by the coefficient of determination value of 0.942, which means that 94.2% of the learning outcomes variables are related simultaneous can be explained by the learning creativity, learning independence and emotional intelligence while the remaining 5.8% is influenced by other factors not examined by researchers. Kata Kunci: Learning Creativity, Learning Independence, Emotional Intelligence, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Adam Zakaria, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CFrA., QIA., CRP. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cicih Nonia .
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:35
Last Modified: 07 Aug 2025 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58698

Actions (login required)

View Item View Item