UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII-G DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING DI SMP NEGERI 2 JAKARTA PADA MATERI ALJABAR

LINTANG DARMASTUTI, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII-G DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING DI SMP NEGERI 2 JAKARTA PADA MATERI ALJABAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER-3115153909.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (548kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (553kB)
[img] Text
7. DAFTAR (ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN).pdf

Download (322kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi aljabar di kelas VII-G SMP Negeri 2 Jakarta dengan model generative learning. Aljabar merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah menengah pertama. Kesulitan yang dialami pada materi ini yaitu melakukan operasi pecahan bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada enam peserta didik sebagai subjek penelitian. Pelaksanaan yang dilakukan terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanan, analisis, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan data kuantitatif yaitu berupa hasil tes setiap siklus dan kualitatif yaitu berupa data yang diperoleh dari lembar observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model generative learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VII-G SMP Negeri 2 Jakarta pada materi aljabar. Pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa 55,88% telah mencapai nilai minimum pemahaman konsep matematis, pada siklus II meningkat menjadi 73,52%, dan pada siklus III mencapai 91,17%. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari lima tahap, yaitu orientasi, pengungkapan ide, tantangan, penerapan, dan melihat kembali. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Generative Learning, Aljabar This research aimed to improve students’ mathematical concept comprehension ability through generative learning. It was conducted at SMP Negeri 2 Jakarta in class VII-G. Algebra is one of the materials taught in junior high schools. Difficulties experienced in this material is to perform algebraic fraction operations. This method used in this research is a classroom action research in three cycles in which each cycle comprised planning, acting, analysis, and reflecting. Data analysis was performed with quantitative data in the form of tests in each cycle and quantitative data in the form of an observation sheet, interviews, and documentation. The results of this study indicate that learning by applying generative learning models can improve the ability to understand mathematical concepts of class VII-G of SMP Negeri 2 Jakarta on algebraic. Learning in the first cycle showed that 55.88% had reached the minimum value of understanding mathematical concepts, in the second cycle increased to 73.52%, and in the third cycle, it reached 91.17%. The learning process consists of five steps, namely orientation, expression of ideas, challenges, application, and looking back. Keywords: Mathematical Concept Comprehension, Generative Learning, Algebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Swida Purwanto, M.Pd 2) Siti Rohmah Rohimah, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1019 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 13:28
Last Modified: 17 Apr 2020 13:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item