PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z PADA SISWA SMK NEGERI 51 JAKARTA

ROSELINA RAMADHINI HASBY, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z PADA SISWA SMK NEGERI 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (818kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BIBLIOGRAFY.pdf

Download (471kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara media sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada SMK Negeri 51 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan manajemen perkantoran kelas X & XI yang berjumlah 144 orang, dengan mengambil sampel 106 menggunakan rumus slovin, lalu disubkelompokkan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (media sosial), dan X2 (motivasi belajar) diukur menggunakan kuesioner dengan skala likert, untuk variabel Y (hasil belajar) diukur menggunakan penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data tersebut kemudian diuji coba instrumen validitas dan realibilitas ke 30 responden. Teknik analisis data ini menggunakan uji persyaratan analisis, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dilanjut pengujian hipotesis dan terakhir koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keduanya secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh secara signifikan variabel media sosial terhadap hasil belajar, dan juga terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel motivasi terhadap hasil belajar. Hal ini, menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara media sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar diterima. Sementara itu, koefisien determinasi untuk R2 adalah 45,2% % sedangkan sisanya 54,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. *** This study aims to determine whether there is an influence between social media and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 51 Jakarta. The research method used is a quantitative method. The population in this study were 144 students majoring in office management in grades X & XI, by taking a sample of 106 using the Slovin formula, then subgrouped using a proportional random sampling technique. The instrument used to obtain data for variables X1 (social media), and X2 (learning motivation) was measured using a questionnaire with a Likert scale, for variable Y (learning outcomes) was measured using an assessment of cognitive, affective, and psychomotor aspects. The data was then tested for validity and reliability instruments to 30 respondents. This data analysis technique used analysis requirements tests, classical assumptions, multiple linear regression analysis followed by hypothesis testing and finally the coefficient of determination. The results showed that both simultaneously had a significant effect on student learning outcomes. There was a significant influence of social media variables on learning outcomes, and there was also a significant influence between motivation variables on learning outcomes. This indicates that the hypothesis stating that there is a significant influence between social media and learning motivation on learning outcomes is accepted. Meanwhile, the coefficient of determination for R2 is 45.2% while the remaining 54.8% is influenced by other factors not studied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. ; 2). Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Roselina Ramadhini Hasby .
Date Deposited: 07 Aug 2025 09:57
Last Modified: 07 Aug 2025 09:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58881

Actions (login required)

View Item View Item