PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA

SITA FITRIANA, . (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Lampiran dan D.Riwayat Hidup_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sikap kerja sama merupakan keterampilan sosial yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran yang dilaksanakana secara berkelompok seperti mata pelajaran Prakarya. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, pembagian tugas yang tidak seimbang, serta konflik atau hubungan antar siswa sehingga cenderung memilih teman untuk membuat kelompok belajar. Permasalahan ini menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang tepat untuk mendorong terbentuknya sikap kerja sama siswa secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sikap kerja sama berdasarkan penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu VIII-9 (TPS) dan VIII-10 (TGT) dan diberi perlakuan yang berbeda ketika melaksanakan pembelajaran Prakarya. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test. Instrumen sikap kerja sama terdiri atas 15 butir pernyataan yang valid dan reliabel (α = 0,838). Sebelum diuji dengan independent sample t-test, data diuji dengan uji normalitas kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan uji levene. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap kerja sama dengan menggunakan model pembelajaran TPS dan TGT. Sikap kerja siswa dengan menggunakan kedua model pembelajaran tersebut hasilnya adalah baik. Artinya kedua tipe pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk mendukung sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran mata pelajaran khususnya mata pelajaran Prakarya.*****Cooperation attitude are essential social abilities in learning activities, especially in subjects conducted in groups, such as the Prakarya (Craft) subject. Observations show that students tend to lack active participation in group activities, experience unequal task distribution, and encounter conflicts or strained relationships among peers, which often leads them to select their own group members. These issues highlight the need for implementing appropriate learning models to optimally foster students' cooperative attitudes. Therefore, this study aims to compare students' cooperative attitudes based on the implementation of the Think Pair Share (TPS) and Team Games Tournament (TGT) learning models. This research uses a quasi-experimental approach with a nonequivalent control group design. The research sample consisted of two classes, namely class VIII-9 (TPS) and class VIII-10 (TGT), which received different treatments during Prakarya lessons. Data were collected through pre-test and post-test questionnaires. The cooperation attitude instrument consisted of 15 valid and reliable statements (α = 0.838). Prior to hypothesis testing using an independent sample t-test, the data were tested for normality using the Kolmogorov-Smirnov test and for homogeneity using Levene’s test. The results of the hypothesis testing showed no significant difference in cooperative attitudes between students taught using the TPS and TGT learning models. The students’ cooperative attitudes under both learning models were rated as good. This indicates that both types of learning models can be considered effective alternatives for supporting students’ cooperative attitudes in the learning process, particularly in the Prakarya subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, S.Si., M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Sita Fitriana .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:01
Last Modified: 08 Aug 2025 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58891

Actions (login required)

View Item View Item