PENGARUH LITERASI KEUANGAN, OVERCONFIDENCE, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z (STUDI KASUS ORGANISASI FOSSEI JABODETABEK)

DINI FAUZIAH, . (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, OVERCONFIDENCE, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z (STUDI KASUS ORGANISASI FOSSEI JABODETABEK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan, overconfidence, dan literasi digital berdampak pada keputusan investasi yang dibuat oleh anggota generasi Z FoSSEI Jabodetabek. Dengan meningkatnya digitalisasi investasi dan penggunaan internet, literasi keuangan menjadi bagian penting dari pengambilan keputusan investasi. Dalam mengumpulkan data, Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, baik secara tatap muka maupun daring. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari anggota FoSSEI Jabodetabek yang menggunakan platform investasi digital dengan rentang usia 18-28 tahun. Penelitian ini menguji Outer Model dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan variance inflaction factor (VIF) serta Inner Model dengan koefisien determinasi (R Square) dan ukuran efek (F Square) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, overconfidence, dan literasi digital secara signifikan memengaruhi keputusan investasi. Studi ini meningkatkan pemahaman tentang komponen yang memengaruhi keputusan investasi generasi Z dan bagaimana literasi digital dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan investasi yang lebih cerdas. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk memperkuat edukasi literasi keuangan dan digital guna mengurangi pengaruh overconfidence dalam keputusan investasi. Institusi pendidikan dan platform investasi digital sebaiknya berkolaborasi dalam meningkatkan pemahaman generasi Z mengenai investasi yang lebih rasional dan berbasis informasi yang valid. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Overconfidence, Literasi Digital, Keputusan Investasi. ***** This study aims to examine how financial literacy, overconfidence, and digital literacy influence investment decisions made by Generation Z members of FoSSEI Jabodetabek. With the increasing digitalization of investments and internet usage, financial literacy has become a crucial component in making investment decisions. This research employs a quantitative approach, with data collected through the distribution of questionnaires, both in-person and online. The sample was selected using purposive sampling from FoSSEI Jabodetabek members aged 18–28 who use digital investment platforms. The study tests the Outer Model through validity tests, reliability tests, and variance inflation factor (VIF), and the Inner Model through the coefficient of determination (R Square), effect size (F Square), and hypothesis testing. The results indicate that financial literacy, overconfidence, and digital literacy significantly influence investment decisions. This study enhances the understanding of factors affecting Generation Z's investment decisions and how digital literacy can be utilized to promote smarter investment choices. The study recommends strengthening financial and digital literacy education to reduce the impact of overconfidence on investment decisions. Educational institutions and digital investment platforms are encouraged to collaborate in improving Generation Z's understanding of more rational and well-informed investment practices. Keywords: Financial Literacy, Overconfidence, Digital Literacy, Investment Decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E
Subjects: Karya Umum > Organisasi Umum dan Museum
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dini Fauziah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:12
Last Modified: 08 Aug 2025 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58910

Actions (login required)

View Item View Item