FIAN FAUZAN FADILAH, . (2025) TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI DAN PERILAKU PENGGUNA E-MODUL BIM BERBASIS WEBSITE DI SMKN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text
BAB I_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB II_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Fian Fauzan Fadilah_1503621088.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam memengaruhi tingkat penerimaan dan perilaku siswa terhadap penggunaan e-modul BIM berbasis website di SMK Negeri 1 Jakarta dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 65 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas empat konstruk UTAUT yaitu Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), dan Facilitating Conditions (FC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan siswa berada pada kategori tinggi, dengan konstruk PE menjadi faktor dominan. Rata-rata indikator PE tertinggi ditunjukkan oleh Outcome Expectations dan Extrinsic Motivation (mean 3,57). Analisis crosstab menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antar jenis kelamin terhadap seluruh konstruk UTAUT. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan siswa dalam penggunaan e-modul BIM sangat berpengaruh terhadap penerimaan mereka terhadap teknologi. Temuan ini mengindikasikan kesiapan siswa SMK dalam mengadopsi media pembelajaran digital yang inovatif. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar bagi pengembangan pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif di pendidikan vokasi.*****This study aims to identify and analyze the most dominant factor influencing students' acceptance and behavior towards the use of a website-based Building Information Modeling (BIM) e-module at SMK Negeri 1 Jakarta using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. A descriptive quantitative approach was employed with a sample of 65 students. The research instrument was based on four UTAUT constructs: Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), and Facilitating Conditions (FC). The results indicate that the overall level of student acceptance is in the high category, with PE emerging as the most dominant construct. The highest mean scores within the PE construct were found in the indicators Outcome Expectations and Extrinsic Motivation (mean 3.57). Crosstab analysis showed no significant gender-based differences across all UTAUT constructs. The findings suggest that the perceived usefulness of the BIM e-module greatly influences students’ acceptance of the technology. This demonstrates that vocational high school students are well-prepared to adopt innovative digital learning media. The study is expected to serve as a foundation for the development of more effective technology-based learning in vocational education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2). Drs. Arris Maulana, S.T., M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Fian Fauzan Fadilah . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |