PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS 10 SMK X DI JAKARTA TIMUR

AISYAH IMTINAN HUWAIDA, . (2025) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS 10 SMK X DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_AISYAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_AISYAH.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 2_AISYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_AISYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_AISYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_AISYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan menjelaskan perilaku kenakalan remaja di lingkungan sekolah semakin menjadi perhatian serius, khususnya di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Berbagai kenakalan seperti membolos, merokok, dan terlibat tawuran, menunjukkan adanya pengaruh kuat dari interaksi sosial remaja, khususnya melalui teman sebaya sebagai agen sosialisasi sekunder. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan bahwa intensitas dan kualitas pergaulan dengan teman sebaya dapat berkontribusi terhadap munculnya perilaku menyimpang di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang dilakukan terhadap 60 siswa Kelas 10 SMK X di Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas, serta dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana melalui software SPSS versi 25. Pendekatan ini dipilih untuk menguji secara empiris sejauh mana pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja. Persamaan regresi Y = 70.800 + 1.349X mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas pergaulan dengan teman sebaya, maka semakin besar pula kecenderungan siswa untuk terlibat dalam perilaku menyimpang. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.686 mengindikasikan bahwa 68,6% variasi dalam perilaku kenakalan remaja dapat dijelaskan oleh faktor pergaulan teman sebaya. Temuan ini mendukung perspektif Talcott Parsons terkait fungsi sosialisasi sekunder dalam pembentukan perilaku sosial individu, serta menegaskan perlunya pengawasan dari pihak sekolah dan keluarga dalam mengarahkan interaksi sosial remaja ke arah yang positif. Kata Kunci: pergaulan teman sebaya, kenakalan remaja, siswa SMK, regresi linear sederhana, sosialisasi sekunder ***** This study will explain that juvenile delinquency behavior in the school environment is increasingly becoming a serious concern, especially among Vocational High School (SMK) students. Various delinquency behaviors such as truancy, smoking, and involvement in brawls, indicate a strong influence of adolescent social interactions, especially through peers as secondary socialization agents. This study is motivated by the assumption that the intensity and quality of peer interaction can contribute to the emergence of deviant behavior among adolescents. This study uses a quantitative approach with a survey method, which was conducted on 60 Grade 10 students of SMK X in East Jakarta. The data collection technique used a questionnaire that had passed validity and reliability tests, and was analyzed using a simple linear regression test using SPSS software version 25. This approach was chosen to empirically test the extent of the influence of peer interaction on juvenile delinquency behavior. The results of the regression analysis showed a positive and significant influence between peer interaction on juvenile delinquency behavior. The regression equation Y = 70,800 + 1,349X indicates that the higher the intensity of peer interaction, the greater the tendency of students to engage in deviant behavior. The coefficient of determination (R²) of 0.686 indicates that 68.6% of the variation in juvenile delinquency can be explained by peer interaction. This finding supports Talcott Parsons' perspective on the role of secondary socialization in shaping individual social behavior and emphasizes the need for supervision from schools and families to guide adolescents' social interactions in a positive direction. Keywords: peer interaction, juvenile delinquency, vocational high school students, simple linear regression, secondary socialization

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdi Rahmat, M.Si. 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S. KPm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Aisyah Imtinan Huwaida .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:45
Last Modified: 08 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59017

Actions (login required)

View Item View Item