MARISA ANDRIANI, . (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP PEMANFAATAN CI LIWUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SMA/MA DI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pemanfaatan Ci Liwung sebagai sumber belajar geografi SMA/MA di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi yang mengajar di kelas X dan XI di 15 SMA/MA yang dekat dengan objek penelitian lingkungan Ci Liwung dengan jarak antara (<1km - <3km) yang berjumlah 30 responden. Sedangkan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Untuk itu, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik skala likert. Teknik skala likert digunakan untuk mengidentifikasi persepsi guru dalam mengukur bisa/tidaknya lingkungan Ci Liwung dijadikan sebagai sumber belajar geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi guru terhadap pemanfaatan Ci Liwung sebagai sumber belajar geografi SMA/MA di Jakarta Selatan tergolong Cukup Baik dengan persentase sebesar 60%. Berdasarkan indikator pengukur persepsi, yakni faktor fungsional tergolong ke dalam kategori Cukup Baik dengan persentase sebesar 45%, sedangkan faktor personal dan faktor struktural tergolong ke dalam kategori Tidak Baik, dengan masing-masing persentase sebesar 34,28% dan 37%. Faktor fungsional yang dapat mempengaruhi persepsi mencerminkan bahwa guru geografi yang mengajar di kelas X dan XI SMA/MA Jakarta Selatan ini menilai lingkungan Ci Liwung cukup baik untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran geografi, baik dari aspek lingkungan fisik, sosial, maupun buatan. Kata Kunci: Persepsi Guru, Lingkungan Ci Liwung, Sumber Belajar, Geografi ***** This study aims to determine teachers' perceptions of the utilization of Ci Liwung as a source of geography learning for high schools (SMA/MA) in South Jakarta. The method used in this research is a descriptive method with a quantitative approach. The population in this study is geography teachers teaching in grades X and XI in 15 high schools (SMA/MA) close to the Ci Liwung environmental research object, with a distance of between (<1km - <3km) comprising 30 respondents. The determination of the sample size in this study uses a saturated sampling technique, which involves selecting all members of the population as samples. Therefore, the sample used in this study amounts to 30 respondents. Data analysis is carried out using descriptive quantitative methods with Likert scale techniques. The Likert scale technique is used to identify teachers' perceptions in measuring whether or not the Ci Liwung environment can be used as a source of geography learning. The research results show that teachers' perceptions of the utilization of Ci Liwung as a source of geography learning for SMA/MA in South Jakarta are classified as Fairly Good, with a percentage of 60%. Based on the perception measurement indicators, the functional factor is categorized as Fairly Good with a percentage of 45%, while the personal factor and structural factor are categorized as Not Good, with respective percentages of 34.28% and 37%. Functional factors that can affect perception reflect that geography teachers teaching in grade X and XI of SMA/MA in South Jakarta assess the Ci Liwung environment as quite good to be used as a source of geography learning, in terms of physical, social, and artificial aspects. Keywords: Teacher’s Perceptions, Ci Liwung Environment, Learning Resources,Geography
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rayuna Handawati, S.Si., M.Pd. 2). Sony Nugratama H. S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Marisa Andriani . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |