PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta)

SHINTA CHAIRUNISYA, . (2025) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) terhadap Minat Menjadi Guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2021. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk melihat apakah terdapat pengaruh Pengalaman PKM terhadap Minat Menjadi Guru dalam bentuk numerik. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi PAI angkatan 2021 yang berjumlah 82 mahasiswa dengan total 68 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini dibantu menggunakan software IIBM SPSS 29 dengan menganalisis statistik deskriptif, uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya melakukan uji pra-syarat analisis dengan uji normalitas dengan metode Saphiro Wilk test 0,072 > 0,05 dan linearitas 0,541 > 0,05 dan kedua variabel dikatakan berdistribusi normal. Hasil penelitian terlihat pada uji paling akhir yaitu uji hipotesis regresi sederhana dengan besar pengaruh 0,396 atau 39,6%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman PKM berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru sebesar 39,6% pada mahasiswa PAI angkatan 2021. Kata kunci : Pengalaman PKM, Minat Menjadi Guru, mahasiswa PAI **** This study aims to find the influence of Teaching Skills Practice (PKM) on Interest in Becoming a Teacher. This research method uses a descriptive quantitative method to see whether there is an influence of PKM Experience on Interest in Becoming a Teacher in numerical form. The population in this study were students of the Islamic Religious Education Study Program, class of 2021, totaling 82 students with a total of 68 samples. The data analysis technique in this study was assisted using IIBM SPSS 29 software by analyzing descriptive statistics, validity tests, and reliability tests. Furthermore, a prerequisite analysis test was carried out with a normality test using the Shapiro Wilk test method 0.072> 0.05 and linearity 0.541> 0.05 and both variables were said to be normally distributed. The results of the study can be seen in the final test, namely the simple regression hypothesis test with a large influence of 0.396 or 39.6%. So it can be said that the PKM experience has a positive effect on the interest in becoming a teacher by 39.6% in PAI students of the 2021 intake. Keywords: PKM Experience, Interest in Becoming a Teacher, PAI student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag. M.A 2) Dr. Amaliyah, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shinta Chairunisya .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:30
Last Modified: 08 Aug 2025 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59061

Actions (login required)

View Item View Item