PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

ADAM ZENI DHARMAWAN, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(COVER-TABEL OF CONTENT) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (730kB)
[img] Text
(BAB I) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (307kB)
[img] Text
(BAB II) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
(BAB III) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
(BAB IV) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
(BAB V) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (375kB)
[img] Text
(LAMPIRAN) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi pada siswa SMK Negeri Jakarta Pusat. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 213 siswa kelas XI pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) penggunaan chatbot AI secara negative signifikan memengaruhi hasil belajar siswa, (2) motivasi belajar sebagai variabel moderasi memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, (3) motivasi belajar tidak dapat memoderasi hubungan antara penggunaan chatbot AI dan hasil belajar siswa. Meskipun motivasi belajar memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar, namun keberadaannya tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh penggunaan chatbot AI terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis, diantaranya: siswa untuk dapat lebih memanfaatkan fitur interaktif pada chatbot untuk mendukung pembelajaran; guru dapat menggunakannya untuk mendesain pembelajaran yang menarik; orang tua berperan dalam pengawasan juga memberi dukungan belajar di rumah; sekolah perlu menyediakan infrastruktur serta pelatihan teknologi, dan pemerintah diharapkan mendorong pemanfaatan AI dalam pendidikan melalui kebijakan dan fasilitasi yang mendukung.***** This research aims to analyze the effect of using AI chatbot in accounting learning on student learning outcomes with learning motivation as a moderating variable in Central Jakarta State Vocational School students. The study employed a quantitative approach with data collected through questionnaires and documentation. The target population consisted of 213 students in the 11th grade of the Accounting and Financial Institution Program. The sampling method used was simple random sampling. The analysis revealed that: (1) the use of AI chatbot negatively significantly affects student learning outcomes, (2) learning motivation as a moderating variable has a significant positive effect on learning outcomes, (3) learning motivation cannot moderate the relationship between the use of AI chatbot and student learning outcomes. Although learning motivation has a direct influence on learning outcomes, its presence is not able to strengthen or weaken the effect of using AI chatbots on student learning outcomes. These findings have practical implications, including: students can make better use of interactive features on chatbots to support learning; teachers can use them to design engaging lessons; parents can play a role in supervising and supporting learning at home; schools need to provide infrastructure and technology training; and the government should encourage the use of AI in education through supportive policies and facilitation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, M.M. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Adam Zeni Dharmawan .
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:27
Last Modified: 08 Aug 2025 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59112

Actions (login required)

View Item View Item