MUHAMMAD IRFAN SYAHRUL RAMADHAN, . (2025) EFEKTIVITAS KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Irfan Syahrul Ramadhan. 1402620079. Efektivitas Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mitigasi Bencana di SMAN 9 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot sebagai alat evaluasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana di SMAN 9 Jakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam evaluasi yang digunakan guru, khususnya dalam pembelajaran Geografi. Evaluasi yang bersifat konvensional seringkali dianggap membosankan dan tidak mampu memotivasi siswa untuk berpikir kritis dan memahami materi secara mendalam. Dalam hal ini, Kahoot hadir sebagai solusi alternatif berupa alat evaluasi berbasis teknologi yang bersifat interaktif dan menyenangkan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control group design, yaitu dengan membandingkan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan Kahoot dan kelompok kontrol yang menggunakan evaluasi konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI peminatan Geografi di SMAN 9 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen. Rata-rata nilai pre-test siswa kelas eksperimen adalah 41,55 dan meningkat menjadi 77,27 pada post-test. Sedangkan kelompok kontrol mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test sebesar 38,44 menjadi 70,51 pada post-test. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,589 termasuk dalam kategori sedang.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai alat evaluasi cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Geografi materi mitigasi bencana. Kahoot direkomendasikan sebagai evaluasi alternatif yang mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kata Kunci: Kahoot, hasil belajar, evaluasi pembelajaran. **** Muhammad Irfan Syahrul Ramadhan. 1402620079. The Effectiveness of Kahoot in Improving Students' Learning Outcomes on Disaster Mitigation Material at SMAN 9 Jakarta. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, Jakarta State University. 2025. This study aims to determine the effectiveness of using Kahoot as an evaluation tool to improve student learning outcomes in disaster mitigation material at SMAN 9 Jakarta. The background of this research lies in the low academic achievement of students, which is often caused by the lack of variation in evaluation applied by teachers, particularly in Geography learning. Conventional evaluation methods are frequently perceived as monotonous and fail to motivate students to think critically or deeply comprehend the subject matter. In this context, Kahoot is introduced as an alternative solution—an interactive and engaging technology-based evaluation platform.The research employs a quantitative approach using a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design, which compares the learning outcomes between an experimental group using Kahoot and a control group using conventional evaluation methods. The instrument used in this study consists of written pre-tests and post-tests to measure the improvement in students’ learning outcomes. The subjects were 11th-grade students majoring in Geography at SMAN 9 Jakarta. The results show a significant improvement in learning outcomes within the experimental group. The average pre-test score in the experimental class was 41.55, which increased to 77.27 in the post-test. Meanwhile, the control group improved from a pre-test average of 38.44 to a post-test average of 70.51. The independent sample t-test resulted in a significance value of 0.005 (p < 0.05), indicating a statistically significant difference in learning outcomes between the experimental and control groups. Furthermore, the average N-Gain score in the experimental group was 0.589. In conclusion, the use of Kahoot as an evaluation tool is moderately effective in improving students' learning outcomes, particularly in Geography on the topic of disaster mitigation. Kahoot is recommended as an alternative evaluation that can enhance student engagement, motivation, and understanding of learning materials. . Keywords: Kahoot, learning outcomes, learning evaluation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Ahman Sya, M.Pd., M.Sc. ; 2) Sony Nugratama, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | MUHAMMAD IRFAN SYAHRUL RAMADHAN . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |