MODEL PROJECT BASED LEARNING INTEGRASI MATERI KEBENCANAAN KELAS XII SOSIAL DI SMA SANTA URSULA JAKARTA

MARIA ANDRIYENI PURWANINGTYAS, . (2025) MODEL PROJECT BASED LEARNING INTEGRASI MATERI KEBENCANAAN KELAS XII SOSIAL DI SMA SANTA URSULA JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Model Project Based Learning Integrasi Materi Kebencanaan Kelas XII Sosial di SMA Santa Ursula Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Santa Ursula Jakarta selama satu tahun dari bulan Juli 2024 sampai dengan Juli 2025 meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan penulisan laporan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan penghitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan model PjBL integrasi materi kebencanaan pada kelas XII Sosial 1 di SMA Santa Ursula Jakarta berjalan sangat baik dan optimal. Perencanaan yang matang, pelaksanaan sintak yang hampir sempurna sebesar 98% yang terdiri dari pembelajaran pada sintak satu sampai dengan tiga sebesar 100%, pembelajaran pada sintak empat sebesar 88%, pembelajaran pada sintak lima dan enam sebesar 100%. Pembelajaran pada sintak empat berjalan baik, namun pendidik tidak menampilkan target penjadwalan harian secara eksplisit pada pertemuan kedua dan tidak ada pengecekan progress kelompok pada pertemuan ketiga. Pendidik dapat mengatasi hal tersebut dengan menjelaskan hal apa saja yang harus diselesaikan pada pertemuan kedua dan pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan diskusi dan dinamika dalam kelompok pada pertemuan ketiga untuk mempersiapkan presentasi hasil sementara pada pertemuan berikutnya. Hasil pelaksanaan sintak yang hampir sempurna didukung juga dengan hasil penilaian peserta didik pada penilaian sikap sebesar 94 dengan kategori Amat Baik, penilaian pengetahuan sebesar 97 dengan kategori Amat Baik dan penilaian keterampilan sebesar 95 dengan kategori Amat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL mampu mendorong keterlibatan aktif, kreativitas, kolaborasi dan pemahaman mendalam terhadap materi kebencanaan yang diintegrasikan pada mata pelajaran Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Sejarah Minat. ******* This study aims to analyze the implementation of the Project-Based Learning (PjBL) Model integrating disaster material for XII Social Studies at Saint Ursula Senior High School Jakarta. The research was conducted at Saint Ursula Senior High School Jakarta over the course of one year, from July 2024 to July 2025, covering the aspects of planning, implementation, and report writing. The method used in this study is quantitative research with a descriptive approach. The technique applied is descriptive analysis using descriptive statistical calculations. The results of the study conclude that the implementation of the PjBL model integrated with disaster-related material in Grade XII Social 1 at Santa Ursula Jakarta was very well-executed and optimal. The planning was thorough, and the implementation of the learning syntax was nearly perfect, reaching 98%, which consisted of 100% implementation for syntax stages one to three, 88% for stage four, and 100% for stages five and six. Learning in syntax stage four went well, although the teacher did not explicitly present the daily scheduling targets during the second meeting and did not check group progress during the third meeting. The teacher addressed this by explaining the tasks to be completed in the second meeting and allowing students to engage in group discussions and dynamics in the third meeting to prepare for their preliminary presentation in the following session. The near-perfect execution of the learning syntax was also supported by the students’ assessment results: attitude evaluation scored 94 (Excellent category), knowledge evaluation scored 97 (Excellent category), and skill evaluation scored 95 (Excellent category). This indicates that the PjBL model effectively encourages active participation, creativity, collaboration, and deep understanding of disaster-related material integrated across the subjects of Geography, Economics, Sociology, and History of Interest.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muzani Jalaluddin, Dipl. Geo. ; 2). Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Maria Andriyeni Purwaningtyas .
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:17
Last Modified: 15 Aug 2025 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59214

Actions (login required)

View Item View Item