PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

MARCELINA, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II ACUAN TEORETIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN HASIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas 5-C SDN Kebon Manggis 01 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar penilaian keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi yang signifikan. Rata-rata skor kolaborasi siswa meningkat dari 68,4 pada siklus I menjadi 83,2 pada siklus II, dan persentase ketuntasan meningkat dari 56% menjadi 88%. Aktivitas guru dalam menerapkan model TSTS meningkat dari 72% menjadi 88%, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 70% menjadi 86%. Siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, berbagi tugas, menyampaikan pendapat, dan menghargai kontribusi teman. Lingkungan belajar menjadi lebih hidup dan kolaboratif. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas V-C dan layak untuk diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan mata pelajaran lain yang berbasis kerja kelompok. . ****** This study aimed to improve the collaboration skills of fifth-grade students in class 5c at sdn kebon manggis 01 through the implementation of the cooperative learning model type two stay two stray (tsts) in the pancasila education subject. The research was conducted using classroom action research (car) in two cycles. Data collection techniques included observation, documentation, and collaboration skill assessment sheets. The results showed a significant improvement in students' collaboration skills. The average collaboration score increased from 68.4 in cycle i to 83.2 in cycle ii, with mastery percentage rising from 56% to 88%. Teacher activity improved from 72% to 88%, while student activity rose from 70% to 86%. Students became more active in discussion, task- sharing, expressing opinions, and appreciating peer contributions. The learning environment became more lively and collaborative. Therefore, the cooperative learning model type tsts proved effective in enhancing the collaboration skills of class 5c students and is recommended for continued use in pancasila education and other group-based subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd; 2). Indah Wardatussa'idah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Marcelina .
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:56
Last Modified: 11 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59244

Actions (login required)

View Item View Item