MUHAMMAD RAFI AZMI, . (2025) STRATEGI PENANAMAN NILAI BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUALITATIF PADA KELAS VIII SMP LABSCHOOL JAKARTA RAWAMANGUN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai bernalar kritis pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas VIII SMP Labschool Jakarta Rawamangun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan karakter bernalar kritis sebagai bagian dari profil pelajar pancasila dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan sumber data sekunder melalui studi pustaka. Teknik kalibrasi keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah strategi penanaman nilai bernalar kritis dilakukan melalui tiga komponen utama, yaitu pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran. Guru mengaitkan materi dengan isu aktual, menggunakan model pembelajaran seperti Problem Based Learning, pembelajaran berbasis proyek, diskusi, serta pertanyaan pemantik. Media digital dan lingkungan sekolah juga dimanfaatkan untuk memperkuat nilai bernalar kritis. Strategi ini diterapkan dengan memperhatikan dimensi dan elemen Profil Pelajar Pancasila, serta dikelola secara fleksibel dan demokratis guna meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi penanaman nilai bernalar kritis yang dilakukan melalui pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran terbukti efektif dalam mengaitkan materi dengan isu aktual, meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, serta membentuk karakter yang bernalar kritis sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. ***** This study aims to describe the strategies used by teachers to instill critical reasoning values in the Pancasila Education subject for Grade VIII students at SMP Labschool Jakarta Rawamangun. The background of this research highlights the importance of strengthening critical reasoning as part of the Pancasila Student Profile in facing 21st-century challenges. This study adopts a qualitative approach with a descriptive method. Primary data were obtained through in-depth interviews, observations, and documentation, while secondary data were gathered through literature studies. Data validation was conducted using data triangulation, and the analysis technique involved data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings reveal that the strategy of instilling critical reasoning values was carried out through three main components: instructional organization, delivery, and classroom management. Teachers connected learning materials with current issues, applied models such as Problem-Based Learning, project-based learning, group discussions, and triggering questions. Digital media and the school environment were also utilized to strengthen critical reasoning values. These strategies were implemented by considering the dimensions and elements of the Pancasila Student Profile and managed flexibly and democratically to enhance student engagement. The conclusion of the research is that the application of critical reasoning value cultivation strategies carried out through the organization, delivery, and management of learning has proven effective in linking material with actual issues, increasing active participation of students, and forming critically reasoning characters in accordance with the dimensions of the Pancasila Student Profile.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Raharjo, S.Pd., M.Si. ; 2). Annisa Rahmi Faisal, S.Sy., M.H. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Muhammad Rafi Azmi . |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 07:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 07:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |