ISHIKA AULIA, . (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA, FASILITAS BELAJAR, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE COVER_ISHIKA AULIA.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text
BAB 1_ISHIKA AULIA.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB 2_ISHIKA AULIA.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_ISHIKA AULIA.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_ISHIKA AULIA.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_ISHIKA AULIA.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ISHIKA AULIA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ISHIKA AULIA.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka, Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar peserta didik di SMK Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 135 peserta didik yang dipilih secara proporsional. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel independen, yaitu Penerapan Kurikulum Merdeka, Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Media Pembelajaran, berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar peserta didik, dengan nilai F sebesar 22,272 dan signifikansi < 0,001. Model ini mampu menjelaskan 38,7% variasi minat belajar peserta didik, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Secara parsial, variabel Fasilitas Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar. Sementara itu, Penerapan Kurikulum Merdeka tidak berpengaruh signifikan. Fasilitas Belajar merupakan variabel yang paling dominan dalam memengaruhi minat belajar peserta didik. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, sekolah perlu lebih fokus pada penguatan kualitas sarana prasarana dan optimalisasi penggunaan media pembelajaran. Selain itu, evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka juga penting dilakukan agar penerapannya dapat berjalan lebih efektif dan berdampak nyata terhadap motivasi belajar peserta didik. ***** This study aims to determine the influence of the Implementation of the Merdeka Curriculum, Learning Facilities, and the Use of Instructional Media on Students' Learning Interest at SMK Negeri 44 Jakarta. The research employed a quantitative approach with a survey method, and data analysis was conducted using multiple linear regression. The sample consisted of 135 students selected proportionally. The analysis results show that simultaneously, the three independent variables, Implementation of the Merdeka Curriculum, Learning Facilities, and Use of Instructional Media significantly influence students' learning interest, with an F value of 22.272 and a significance level of < 0.001. The model explains 38.7% of the variation in learning interest, while the remaining 61.3% is influenced by other factors outside the model. Partially, Learning Facilities and Instructional Media have a positive and significant influence on learning interest. Meanwhile, the Implementation of the Merdeka Curriculum does not have a significant effect. Learning Facilities is identified as the most dominant variable influencing student interest. These findings suggest that to enhance students' learning interest, schools should focus on improving the quality of learning infrastructure and optimizing the use of engaging instructional media. Furthermore, evaluation of the Merdeka Curriculum implementation is necessary to ensure it is effectively applied and can positively impact students' motivation to learn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M. 2) Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Ishika Aulia . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |