NOVITA SARI PRATIWI, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kuantitatif di SMAN 21 Jakarta Kelas XI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai ada tidaknya hubungan antara kompetensi pedagogik guru dan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang menempuh pendidikan di SMAN 21 Jakarta dengan jumlah sekitar 287 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan taraf kesalahan 10%, sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian angket melalui google formulir. Pada uji prasyarat analisis terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji korelasi product moment pearson, uji regresi linear sederhana, dan uji koefesien determinasi korelasi. Pada uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Uji linearitas diperoleh nilai signifikansi 0,844 > 0,05 sehingga kedua variabel bersifat linear. Uji korelasi product moment pearson di peroleh r hitung 0,801 > r tabel 0,235 dengan nilai signifikansi 0,001 <0,05 sehingga kompetensi pedagogik guru berkorelasi positif dengan kreativitas belajar siswa dengan kategori hubungan yang sangat kuat. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru dan kreativitas belajar siswa dengan kontribusi yang diberikan sebesar 63,6% dengan tingkat hubungan yang kuat. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah semakin tinggi kompetensi pedagogik guru maka semakin tinggi juga kreativitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila. ***** This study aims to obtain empirical data on the relationship between teacher pedagogical competence and student learning creativity in Pancasila Education. This research uses a quantitative approach with a correlational method. The population in this study was approximately 287 XI grade students studying at SMAN 21 Jakarta. The sampling technique used was Simple Random Sampling with a 10% error rate, and the sample used in the study was 72 students. The data collection technique used was a questionnaire via Google Forms. The analysis test consisted of validity and reliability tests, normality tests, and linearity tests. Hypothesis testing consisted of the Pearson product-moment correlation test, simple linear regression, and coefficient of determination. The normality test yielded a significance value of 0.200 > 0.05, indicating a normal distribution of the data. The linearity test yielded a significance value of 0.844 > 0.05, indicating that both variables were linear. The Pearson product-moment correlation test yielded a calculated r of 0.801 > rtable 0.235, with a significance value of 0.001 < 0.05, indicating that teacher pedagogical competence positively inhibits student learning creativity, indicating a very strong relationship. The results of the study indicate a positive relationship between teacher pedagogical competence and student learning creativity, contributing 63.6%, indicating a strong relationship. The conclusion of the study is that the higher the teacher's pedagogical competence, the higher the student's learning creativity in Pancasila Education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Dr. Sanusi, M.H. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Novita Sari Pratiwi . |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 10:34 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 10:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |