ROMAULI TUA GRATIA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PODCAST NAJWA SHIHAB TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF DI SMK NEGERI 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana pengaruh penggunaan media podcast Najwa Shihab terhadap kemampuan bertanya siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan podcast dipandang mampu mendukung peningkatan keterampilan kognitif tingkat tinggi, salah satunya adalah kemampuan bertanya, serta dinilai relevan untuk diterapkan di era abad ke-21. Pendekatan kuantitatif telah digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan metode kuasi eksperimen serta desain pre-test and post-test control group. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Jakarta pada tahun ajaran 2024/2025, dengan populasi sebanyak 282 siswa kelas X. Sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas X DKV 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X DKV 2 sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Data mengenai kemampuan bertanya siswa dikumpulkan melalui instrumen pengumpulan data dan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar < 0,001, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media podcast Najwa Shihab terhadap peningkatan kemampuan bertanya peserta didik. Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen's, diperoleh nilai sebesar 0,906 yang termasuk dalam kategori besar, dengan kontribusi sebesar 82%. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik menunjukkan kemampuan dalam mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Digital, Podcast, Media Audio, Kemampuan Bertanya. ***** This study aims to examine the extent to which the use of Najwa Shihab's podcast media influences students' questioning skills in the subject of Pancasila Education. The use of podcasts is considered capable of supporting the development of higher order cognitive skills, one of which is questioning ability, and is deemed relevant for application in the 21st century. A quantitative approach was used in this study, employing a quasi-experimental method and a pre-test and post-test control group design. The research was conducted at SMK Negeri 7 Jakarta during the 2024/2025 academic year, with a population of 282 tenth-grade students. The sample consisted of 60 students divided into two classes: class X DKV 1 as the experimental group and class X DKV 2 as the control group. The sample selection was conducted using non-probability sampling, specifically purposive sampling. Data on students' questioning skills were collected through data collection instruments and observations. The analysis results showed a significance value of < 0.001, which is less than 0.05. Therefore, it can be concluded that there is a significant effect of using Najwa Shihab's podcast media on improving students' questioning skills. Based on the effect size calculation using Cohen's formula, a value of 0.906 was obtained, which falls into the large category, with a contribution of 82%. Additionally, based on the observation results, students demonstrated the ability to ask questions relevant to the learning material being studied. Keywords: Learning Media, Digital Learning Media, Podcast, Audio Media, Questioning Skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuyus Kardiman, M. Pd. ; 2). Dr. Raharjo, S. Pd., M. Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Romauli Tua Gratia . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |